THE SUNAN KUDUS NGADILUWIH MOSQUE DAKWAH MODEL IN THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC CULTURE

Authors

  • Iqlima Zahari Universitas Dian Nuswantoro PSDKU Kediri
  • Widyatmoko Widyatmoko Universitas Dian Nuswantoro PSDKU Kediri
  • Wiwin Andriana Universitas Dian Nuswantoro PSDKU Kediri
  • Ervina Febrianti Universitas Dian Nuswantoro PSDKU Kediri
  • Yustiqomah Yustiqomah Universitas Dian Nuswantoro PSDKU Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20653

Keywords:

Model dakwah, masjid, Sunan Kudus, Ngadiluwih

Abstract

Dakwah merupakan suatu usaha yang dilakukan sebagai upaya amar makruf nahi mungkar, dan sebagai upaya untuk mempengaruhi orang lain agar dapat melaksanakan ajaran Islam dengan baik dan benar. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dakwah Masjid Sunan Kudus Ngadiluwih dalam mengembangkan budaya Islam secara mendalam dan terperinci. Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi menjadi dasar dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Sunan Kudus Ngadiluwih memiliki lima model dakwah, yaitu model dakwah fardiyah, model dakwah fi'ah, model dakwah korespondensi (mukatabah), model dakwah organisasi, dan model dakwah umum. Kemudian, dalam pengembangan budaya Islam, yang menonjol di masjid ini adalah dakwah organisasi Nahdlatul Ulama. Sehingga budaya yang digunakan adalah budaya Nahdlatul Ulama. Di antaranya adalah adanya kegiatan-kegiatan yang sangat kental dengan suasana ke-NU-an, seperti tahlilan/yasinan/istighotsah, mauludan/rejeban, suran, megengan, maleman, takbiran, dua hari raya, kupatan dan halal bi halal.

References

Arifin, Zaenal. 2007. Syi’ar Deddy Mizwar. Purwokerto: STAIN Purwokerto Press.

Fadilah, Nurul, Gefa Suherman dkk. 2023. Metode Dakwah Jamaah Tabligh di Masjid Raya At Taqwa Mataram. Mudabbir Jurnal Manajemen Dakwah. Vol. 4, No.1.

Gadi, Syabuddin & Abdul Ghafar Hj Don. 2015. Model Dakwah : Satu Analisis Teoritikal (Dakwah Model : A Theoritical Analysis). Ulum Islamiyyah Journal. Universiti Sains Islam Malaysia Vol.16

Irwansyah, Rido. Ginda. 2019. Penerapan model Dakwah Jamaah Tabligh dalam pengembangan Masyarakat Islam Jamaah Masjid Nurus Shadri Pekanbaru. JRMDK (Jurnal Riset mahasisiwa dakwah dan Komunikasi). Vol.1. No.1 .

Nasir, Syed Mahmudun. Islam : Its Concepts and History diterjemahkan oleh Adang Adang Afandi dengan Judul : Islam Konsepsi dan Sejarahnya. Cet. IV. Bandung : Rosdakarya.

Stoddard, Lotrhrop. 2006. The New Worl of Islam diterjemahkan oleh M. Muljani Djojomartono dengan judul Dunia Baru Islam. Cet. IV Jakarta alam.

Tike, Arifuddin. 2018. Model Dakwah berbasis Masjid (Studi Metode Dakwah di Desa Maradekayya Kec. Bajeng, Kab. Gowa). Jurnal Khitabah, Vol. IV No.1.

Wortabet, John and Porter, Harvey. 1983. English-Arabic and Arabic English Dictionary, New York: Frederick Ungar Publishing Co.

Walid Kamal Syukr. 2007. Al-Dacwah al-Fardiyah Manhajun Salafi wa

Darurah waqiciyyah. www.said.net.book

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Zahari, I. ., Widyatmoko, W., Andriana, W. ., Febrianti, E. ., & Yustiqomah, Y. (2023). THE SUNAN KUDUS NGADILUWIH MOSQUE DAKWAH MODEL IN THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC CULTURE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 970–974. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20653