PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHERORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20144Keywords:
Teori Belajar Van Hiele, Video Animasi, Higherorder Thinking Skills (HOTS)Abstract
Matematika sering dianggap sebagai salah satu pelajaran yang sukar untuk dipahami. Banyak siswa yang tidak menyukai bahkan takut dengan soal-soal matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dinilai kurang memuaskan. Umumnya, dalam menyelesaikan soal-soal matematika siswa hanya menghapal rumus tanpa memahami konsep. Model pembelajaran yang terkesan monoton sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi dimensi tiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek pada penelitian kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sei Rampah sebanyak 15 siswa yang dipilih secara acak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMA Negeri 1 Sei Rampah pada materi dimensi tiga berada pada kategori sedang. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan rata-rata nilai N-Gain sebagai perhitungan statistik untuk melihat keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa, yang diperoleh sebesar 0,696 atau 69,6%.References
Crowley, M. L. (1987). The van hiele model of the development of geometric thought. Teaching and Learning, K-12 – 1987 Yearbook. Virginia, USA: NCTM
Hadari, Nawawi. (2005). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Kamarudin, M. Y.,dkk. (2016). Inculcation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Arabic Language Teaching at Malaysian Primary Schools. Creative Education, 07(02), 307– 314.
Lestari, Siti & Caswita. (2022). Penerapan LKPD Interaktif Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal Silogisme. 6(2) : 34-41.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston:NCTM
Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.
Resnick. L.B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, DC: National Academy Press
Saputra, Hatta. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguata Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Suherman, E., dkk. (1994). Strategi Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sukmadinata, N.S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, H.B. (2007). Model Pembelajaran: Menetapkan Proses Belajar Mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Wahyu Yazim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




