PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHERORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA

Authors

  • Muhammad Wahyu Yazim Universitas Negeri Medan
  • Kairuddin Kairuddin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20144

Keywords:

Teori Belajar Van Hiele, Video Animasi, Higherorder Thinking Skills (HOTS)

Abstract

Matematika sering dianggap sebagai salah satu pelajaran yang sukar untuk dipahami. Banyak siswa yang tidak menyukai bahkan takut dengan soal-soal matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dinilai kurang memuaskan. Umumnya, dalam menyelesaikan soal-soal matematika siswa hanya menghapal rumus tanpa memahami konsep. Model pembelajaran yang terkesan monoton sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi dimensi tiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek pada penelitian kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sei Rampah sebanyak 15 siswa yang dipilih secara acak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMA Negeri 1 Sei Rampah pada materi dimensi tiga berada pada kategori sedang. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan rata-rata nilai N-Gain sebagai perhitungan statistik untuk melihat keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa, yang diperoleh sebesar 0,696 atau 69,6%.  

References

Crowley, M. L. (1987). The van hiele model of the development of geometric thought. Teaching and Learning, K-12 – 1987 Yearbook. Virginia, USA: NCTM

Hadari, Nawawi. (2005). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kamarudin, M. Y.,dkk. (2016). Inculcation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Arabic Language Teaching at Malaysian Primary Schools. Creative Education, 07(02), 307– 314.

Lestari, Siti & Caswita. (2022). Penerapan LKPD Interaktif Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal Silogisme. 6(2) : 34-41.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston:NCTM

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Resnick. L.B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, DC: National Academy Press

Saputra, Hatta. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguata Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

Suherman, E., dkk. (1994). Strategi Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukmadinata, N.S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H.B. (2007). Model Pembelajaran: Menetapkan Proses Belajar Mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Yazim, M. W. ., & Kairuddin, K. (2023). PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHERORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 561–564. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20144

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.