IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK YAYASAN PERGURUAN KATOLIK DON BOSCO DI SEKOLAH DASAR KELAS V SANTO ANTONIUS BANGUN MULIA

Authors

  • Boby Simare-mare Sekolah Tinggi Pastoral St. Bonaventura
  • Thomas Natalisa Tarigan Sekolah Tinggi Pastoral St. Bonaventura
  • Erikson Simbolon Sekolah Tinggi Pastoral St. Bonaventura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19371

Keywords:

Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab, Pendidikan Agama Katolik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi pendidikan karakter tanggung jawab bagi peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Santo Antonius Bangun Mulia Yayasan Perguruan Katolik Don Bosco. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter tanggung jawab telah memberikan perubahan positif dalam sikap peserta didik, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan dengan tekun. Dalam pembahasan, peneliti mendokumentasikan observasi dalam bentuk gambar kegiatan peserta didik sebelum dan sesudah belajar. Terdapat perubahan sikap karakter tanggung jawab peserta didik setelah mendapatkan pendidikan karakter di sekolah. Peserta didik kelas VB yang sebelumnya malas belajar dan membuat tugas, sekarang belajar untuk membuat jadwal dan mengatur waktu dengan baik. Mereka juga mampu bekerja tanpa diawasi dan berani memberikan pendapat di dalam kelas. Guru PAK juga mengajarkan kepada peserta didik untuk bertindak sesuai dengan yang diucapkan. Semua hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Keuskupan Agung Medan dan juga bagi guru dan peserta didik untuk menambah pengetahuan tentang membentuk karakter tanggung jawab di sekolah.

References

Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. An-Nisa, 11(1), 354–363. https://doi.org/10.30863/an.v11i1.302

Abriana, O., & Dewi, K. (2010). Implikasi Yuridis Badan Hukum Yayasan ( Suatu Tinjauan Normatif ). 16, 23–32.

Agustina, R., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Analisis butir soal penilaian akhir semester muatan pembelajaran IPS di kelas 5: Ditinjau dari kompetensi abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.9.1.1-14

Ahsan, S. A., Mursalim, & Junaid, A. (2023). Peran Badan Pendapatan Daerah dalam Pengelolaan Pajak Daerah untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Majene. 1(1).

Ana, R. F. R. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter pada Siswa Kelas V SDN Kendalrejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 100–109.

Andini, Y. T., & Ramiati, E. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Guna Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 8–15.

Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120

Apriliyani, W., Tyastuti, D., Rahmasari, L., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah Dasar 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Din, 4, 277–295.

Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0), 79–85. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151

Buchori, S. (2015). Efektifitas Bimbingan Karier Untuk Peningkatan Core Work Skills Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 58. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1289

Darma, I. W. W. (2020). Pendidikan Karakter Dan Moralitas Berbasis TAT TWAM ASI. Applied Microbiology and Biotechnology, 2507(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???

Endaryono, B. T., Djuhartono, T., Syariah, E., Bina, S., & Madani, C. (2017). Indikator Pembangunan Pendidikan Untuk Masyarakat Berkelanjutan Dengan Pendidikan Berkarakter Di Indonesia. Faktor?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 301–306. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/2030

Evi, T. (2020). Research & Learning in Primary Education Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2, 2–5.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Febbrian, H., & Febrianti, N. (2023). Upaya Guru dalam Menanamkan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VI melalui Pembelajaran Tema 2 ( Persatuan dalam Perbedaan ). 06(01), 503–517.

Febriyanti, N., Guru, P., Dasa, S., Indonesia, U. P., Madya, I., Karsa, M., & Dewantara, K. H. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. 5, 1631–1638.

Fradinata, S. A., Netrawati, & Karneli, Y. (2023). Penerapan terapi realita untuk mengatasi kenakalanremaja pada siswa broken home. 1(4).

Ginting, A. W., Sembiring, M., & Sitepu, A. G. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Memerangi Radikalisme. 22(1), 116–135.

Hakim, I. N. (2013). Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sd/Mi Dalam Kurikulum 2013. INSANIA?: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 46–59. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.463

Hamuni, Idrus, M., & Aswati. (2019). Perkembangan Peserta Didik.

Harianja, S. P., Malau, L., Ginting, M. M., Sembiring, A., Napitu, L. F., Simanjuntak, R. N., & Bangun, S. R. (2011). Buku Induk Pendidikan Karakter (p. 5).

Haru, E. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Sebagai Gembala. Jurnal Alternatif-Wacana Ilmiah Interkulutral, 10(1), 43–62.

Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.

Ibrahim, I. U. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter bagi Siswa di Era Digitalisasi. 5, 195–204. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i1.2481

Iryanto, A., & Ardijanto, D. B. K. (2019). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Katolik Tentang Tugas Misioner Gereja Dan Pelaksanaannya Di Slta Katolik Kota Madiun. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 19(1), 100–115. https://doi.org/10.34150/jpak.v19i1.171

Kansil, R. I. Y. (2022). Implementasi Program Kelurahan Hebat Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Paceda Kecamatan Madidir Kota Bitung. Jurnal Administrasi Publik, VIII(2017), 45–54.

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar Machful. 1, 41–49.

Lawu, S. H., Suhaila, A., & Lestiowati, R. (2019). Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Pos Indonesia Cabang Pemuda Jakarta Timur. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 2(1), 51–60.

Loloagin, G., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau dari Peran Pendidik PAK. 05(03), 6012–6022.

Makmun, H. A. R. (2016). Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kabupaten Ponorogo. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 211. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.226

Maryam, S., Nuswantari, & Kokotiasa, W. (2022). Impelementasi nilai- nilai demokrasi pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan karakter demokratis siswa kelas 8 di SMP Negeri 11 Madiun. Prosiding Universitas PGRI Madiun, 1, 539.

Maryono, Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. 18(7), 1–8.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. 134–156.

Mayangsari, I., Dewi, F. A., Nurfadila, & Rivadah, M. (2003). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Uu No . Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 98–103.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat?: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mira. (2015). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kana-kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 2013–2015. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11275/10693

Mitanto, M., & Nurcahyo, A. (2012). Ritual Larung Sesaji Telaga Ngebel Ponorogo (Studi Historis Dan Budaya). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 2(2), 36–53. https://doi.org/10.25273/ajsp.v2i2.1459

Mu’thia, F. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Republik Indonesia, 159–170.

Munthe, M. F., & Michael, J. (2023). Implikasinya Bagi Para Pengajar Masa Kini. 1.

Nasution, T. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 53(9), 1689–1699.

Nukango, A. J., Nusa, S., & Kami, K. (2022). Jurnal Edukasi Sumba ( JES ) Pola Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Agama Katolik di Kelas IV SDK Waiwondo.

Octaviani, J. N., Utaminingsih, S., & Masfu’ah, S. (2022). Pembentukan Sikap Peduli Sosial Anak pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Pringtulis Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3453–3462.

Parmajaya, I. P. G. (2020). Peningkatan mutu implementasi dasar dharma pramuka melalui cerita itihasa. PINTU: Pusat Penjaminan Mutu, 1(2), 62–69.

Prayuda, M., Ginting, F. Y. A. ., & Sakerengan, E. . (2023). Improving Students’ Reading Comprehension Through Listen Read Discuss (LRD) Strategy. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(1), 13–19.

Prayuda, M. S., Juliana, J., Ambarwati, N. F., Ginting, F. Y. A., & Gultom, C. R. (2023). Students’ Writing Error in Parts of Speech: A Case Study of EFL Students. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 659–665. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4419

Prayuda, M. S. ., Silalahi, T. S. M. ., & Almanda, F. Y. . (2022). Translation Of Thematic Structure Of Descriptive Text From Indonesian Into English. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(2), 148–151.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rahayu, R. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Nilai Tanggung Jawab pada Siswa Kelas III SD 1 Pedes Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5), 152–160.

Rahmadani, E., Armanto, D., Syafitri, E., & Umami, R. (2021). Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Pendidikan Karakter. Journal of Science and Social Research, 4(3), 307. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.680

Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.

Sari, F. F., & Aisyah, S. (2021). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 84–98. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i2.65

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Setiyowat, D., Dewi, R., Sari, N., & Putra, R. F. I. (2022). Statistik Kriminal 2021. In E-Book.

Setiyowati, D. K., & Trisharsiwi. (2022). Peran Guru Dalam Implementasi Sikap Tanggung Jawab Melalui Tri Nga ( Ngerti , Ngrasa , Nglakoni ) Siswa. 8, 1468–1474.

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. JKTP - Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175.

Solihat, D., & Wahyudi, U. R. (2023). Peran Guru Pai Dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Mentoring Di Sdit Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang Dewi. 3, 33–53.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. In M.Safrodin (Ed.), Ta’allum (1st ed., Vol. 03, Issue 02). PT Citra Aji Parama.

Suparlan, S. (2021). Penguatan pendididikan karakter dengan menggunakan metode imtaq dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar/MI. Masaliq, 1(November), 17–32. http://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq/article/view/42

Suparno, P. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah (E. Setiyowati (ed.)). PT Kanisius. https://www.kompasiana.com/srimurniati/pendidikan-karakter-di-smk_556c4c7041afbd1d048b456b

Suriyanti, I. (2022a). Cara siswa kristen mengatasi peningkatan stres pada masa pandemi. 1(1), 1–13.

Suriyanti, I. (2022b). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.

Syam, J. (2016). Pendidikan Berbasis Islam yang Memandirikan dan Mendewasakan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 73–83.

Wahib, A. (2015). Konsep Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak. Jurnal Paradigma, 2(1), 2406–9787.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.

Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di. 4(3), 132–142.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. (B. Nuraeni (ed.); 1st ed.). Prenadamedia group.

Yunarti, Y. (2014). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Tarbawiyah, 11, 262–278.

Yusof, M., Maros, M., & Jaafar, M. F. (2011). Ooops.. maaf?: strategi kesopanan dan penebus kesalahan. 8, 27–50.

Zubaidah, S. (2008). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Kepada Masyarakat Di Kecamatan Ilir Timur II Kota Palembang. 14, 57–70.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Simare-mare, B. ., Tarigan, T. N. ., & Simbolon, E. . (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK YAYASAN PERGURUAN KATOLIK DON BOSCO DI SEKOLAH DASAR KELAS V SANTO ANTONIUS BANGUN MULIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 748–756. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19371