EFEKTIFITAS MEDIA SIBELIUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI DASAR MUSIK DI PRODI PENDIDIKAN SENDRATASIK UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19354Keywords:
Software Sibelius, Hasil Belajar, Teori Dasar MusikAbstract
Kurang optimalnya pengetahuan teori dasar mahasiswa khususnya dalam memainkan pola ritem. Masih banyak mahasiswa yang telah lulus mata kuliah teori musik dasar, tapi belum menguasai dasar-dasar bermusik. Memahami notasi merupakan ideal yang harus dilakukan dalam bermusik, memahami bentuk, nilai, dan juga nama dari notasi tersebut. Kekeliruan terhadap nama dan nilai notasi sering terjadi salah dipahami, karena memiliki hitungan atau nama bilangan pecahan. Hal ini bisa dijadikan indikator bahwa pembelajaran teori dasar musik masih belum optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian tersebut akan diringkas, dianalisis serta digambarkan untuk menjawab pertanyaan terkait efektifitas media sibelius untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teori dasar music. Sasaran penelitian ini merupakan mahasiswa yang mengambil matakuliah teori music pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang dimana terdiri dari 15 orang mahasiswa pada Program Studi Sendratasik FKIP Universitas Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapati bahwa mahasiswa sudah dapat memainkan pola ritem dengan baik dan benar secara langsung tanpa menggunakan software sibelius terlebih dahulu. Hal ini merupakan tujuan dari penelitian ini, dimana adanya peningkatan hasil belajar teori music dengan memanfaatkan efektivitas dari software Sibelius.References
Afandi. (3013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: SultanAgung Press.
Bahaudin, I. (2017). Pembelajaran Notasi Balok Melalui Software Sibelius. Prosiding Seni dan Desain. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur: Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800.
Hendriksen, E. S., dan M. F. Breda. 1992. Accounting Theory. 5th Edition: Richard D. Irwin.
Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462– 468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578.
https://id.wikipedia.org/wiki/Ritme di akses 7 september 2023.
Magara, A., H. S. Mudjilah, & H. Kusumawati. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Sibelius 7 terhadap Tingkat Pemahaman Notasi Musik dan Akor di SMP Negeri 1 Mungkid. Jurnal UNY, 3(1).
Maswan dan Khoirul Muslimin. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Puspita, P. S. (2016). Problematika Guru Non Pendidikan Musik Dalam Penyampaian Materi Pembelajaran Musik di SMP Negeri SeKabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.
Schmidt, Catherine -Jones Understanding Basic Music Theory, Connexions, Rice University, Houston, Texas, 2007.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuliati Eka Asi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.