IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA - SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG MORAWA

Authors

  • Devitasari Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Pontas Jamaludin Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sarma Panggabean Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19286

Keywords:

Media Pembelajaran, Teks Puisi, Kemampuan Menulis

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan dapat dicapai dengan tingkat pembelajaran yang menyenangkan baik menggunakan media yang mampu mengembangkan niat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa Implikasi Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP  Negeri 2 Tanjung Morawa TP 2023/2024. Penelitian ini menggunakan populasi yang berjumlah 60 dan sampel berjumlah 30 siswa pada setiap kelas VIII SMP HKBP Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif atau juga disebut dengan metode discovery, yaitu menentukan dan menganalisis data dengan konkret atau empiris, objektif, terukur, rasional dan sistematis dengan memaparkan kejadian pada dua variabel yang diteliti. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung Perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji "t" pada taraf signifikan a= 0,05. Dari data perhitungan thitung > tabel yaitu 4,8 > 2,0 Oleh karena itu, hipotesis nihil (H?) ditolak dan hipotesis alternatif (H?) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya Implikasi Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP  Negeri 2 Tanjung Morawa TP 2023/2024.

References

Aisyah Nurhikmah. (2023). 5.+Download-File+(26)-Sudah+Bayar-+Ai+Jpdsh+(1). 02.

Astuti, D., Kristiyanti, L. S., & Akbar, I. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Smec Denka Indonesia. Jorapi?: Journal Of Research And Publication Innovation, 1(1).

Beslina Afriani Siagian. (2016). Pdf L.B.1 Jurnal Suluh Maret 2016_Compressed. Jurnal Suluh Pendidikan.

Dr. Sarma Panggabean, S. Pd. , M. Si. (2023). Pengaruh Penggunaan Tayangan Media Film Jokowi The Movie Terhadappeningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsipadasiswa-Siswi Kelas Viismpnegeri 5 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, Volume 3 Nomor 2.

Drs. Pontas Jamaluddin Sitorus, M. Pd. (2019). Cara Belajar Efektif Dan Efisien Kepada Siswa. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/.

Drs. Tigor Sitohang, M. Pd. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Power Reading Terhadap Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Oleh Siswa Kelas Xi Smk Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., Endang, D., & Sulistyowati, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. In Online) Diglosia (Vol. 1, Issue 1).

Masduki, M. S., Putri, A. A., Agil, M., & Salmitha, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Alat Pernapasan Manusia Melalui Media Gambar Di Mi Nurul Hikmah. 1(2).

Putu Jati Dinar Wulan, N., Wayan Suwatra, I. I., Nyoman Jampel, I., Teknologi Pendidikan, P., Ilmu Pendidikan, J., & Bimbingan, Dan. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips. In Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 7, Issue 1).

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. In Jurnal Konsepsi (Vol. 9, Issue 2). Https://P3i.My.Id/Index.Php/Konsepsi72

Suparman. (2021). 57408-Id-Pengaruh-Penggunaan-Media-Gambar-Berseri. Onoma, 07, 283.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wayan Eviyanti Siska Pratiwi, N., Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, P., & Pendidikan Bahasa Dan Seni, J. (2018). Kemampuan Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 1 Torue Dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4).

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 05(02), 3928–3936.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Purba, D. ., Sitohang, T. ., Sitorus , P. J. ., Siagian, B. A. ., & Panggabean, S. . (2023). IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA - SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG MORAWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 427–437. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19286

Most read articles by the same author(s)