ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MULYADHI KARTANEGARA

Authors

  • Febri Alivia Universitas Alwashliyah Medan.
  • Susanti Nirmala Sari Universitas Alwashliyah Medan
  • Nikmah Royani Harahap Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18790

Keywords:

Ontologi, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Tuhan, alam, manusia dan kaitannya dengan pendidikan menurut Mulyadhi Kartanegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif (studi tokoh), penelitian ini dilakukan melalui penelitian pustaka (library research),  dalam bentuk kajian studi tokoh yaitu, pengkajian secara sistematis terhadap pemikiran/gagasan seorang pemikir muslim, secara keseluruhan atau sebagiannya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahap, yaitu: 1) Interpretasi dan hermeneutika, 2) Metode induksi dan deduksi, 3) Metode kesinambungan historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pendidikan harus diarahkan untuk mendidik murid agar menjadi pribadi yang taat beribadah dengan ikhlas kepada Allah (b) pendidikan diarahkan untuk penyadaran akan tujuan penciptaanya itu untuk beribadah kepada Allah (c) pendidikan diarahkan untuk menciptakan pribadi-pribadi yang cinta kepada Allah melebihi rasa cintanya kepada yang lain.

References

Abidin, Z. (2015). Tradisi Integrasi Ilmu Dalam Institusi Pendidikan Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(6), 1–16. https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i2.306

Abidin Zainal. Wardani, R. (2015). Kesinambungan dan Perubahan Dalam Kajian Filsafat Islam di Indonesia?: Studi Terhadap Pemikiran Harun Nasution :Kesinambungan dan Perubahan Dalam Kajian Filsafat Islam di Indonesia?: Studi Terhadap Pemikiran Harun. Tashwir, 3(3), 131–149.

Al-Faruqi, A. R. H. (2015). Konsep Ilmu dalam Islam. Kalimah, 13(2), 223. https://doi.org/10.21111/klm.v13i2.286

Anwar. (2019). Karakteristik Ontologi Pendidikan Islam: Penguatan Aspek Teosentris Dan Humanistik. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner ), 3(1), 30–41.

Bosra Mustari, Umiarso, R. A. R. (2020). Nalar Monoteistik Pendidikan: Kontemplasi Menuju Aksi. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed., Vol. 6, Issue August). Nuansa Cendekia.

Himah, Muslimah, S. (2021). Epistimologi Ilmu dalam Perspektif Islam. Akademika, 3(2), 6.

Matin, A., & Salman, B. (2017). Tuhan dalam Perspektif Filsafat Islam. Jurnal EL-Tarbawi, 10(1), 1–16.

Miswari. (2020). filsafat Terakhir Tinjauan Filsafat Sepanjang Masa. 1(1), xxiv + 676. http://digilib.uinsgd.ac.id/40140/1/Filsafat Terakhir Miswari.pdf

Rahman, Y. A. (2020). Konsep Dan Penerapan Fungsi Manajemen Pendidikan. TSAQOFAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–17.

Ridwan, D. (2018). Teori Epistemologi Islam; Telaah Kritis Pemikiran Mulyadhi Kartanegara. Siasat, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.33258/siasat.v1i2.32

Suedi. (2016). Pengantar Ilmu (1st ed.). PT Penerbit IPB Press.

Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Downloads

Published

2023-09-09

How to Cite

Alivia, F. ., Sari, S. N., & Harahap , N. R. . (2023). ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MULYADHI KARTANEGARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 178–191. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18790