PEMIKIRAN SYED M. NAQUIB AL-ATTAS TENTANG KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18732Keywords:
Pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas, Kurikulum, Metode PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang kurikulum?, bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang Metode Pendidikan?, dan bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang pendidikan dan relavansiya pada era sekarang?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pustaka berupa studi tokoh dengan pendekatan kualitatif. Teknik menganalisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode : 1) induksi dan deduksi serta dalam melakukan analisis terhadap pemikiran seorang tokoh dilihat benang merah yang menghubungkan pemikiran-pemikirannya, baik lingkungan historis dan pengaruh-pengaruh yang dialaminya, maupun perjalanan hidupnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urikulum menurut Syed M. Naquib Al-Attas terbagi kepada dua bagian, yaitu Kurikulum Fardhu’Ain dan Fardhu Kifayah dengan metode metafora dan Tauhid. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia sebagai solusi terhadap permasalahan pendidikan pendidikan Islam.References
Armyn, Hasibuan. 2004. “Pendidikan Versi Muhammad Naquib Al Attas.” (1):1–14.
Fauzan, Amin Al. 2014. “Konsep Baru Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer.” Al-Ta’lim 13(1):128.
HU, Muslim. 2023. “Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Islam Abad 21 Mengadapi Desrupsi Teknologi.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3(01):71–77. doi: 10.47709/jpsk.v3i01.2034.
Mahmudah. 2016. “Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas.” TSARWAH (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 1(1):95–108.
Nanu, Rafiyanti Paramitha. 2021. “Pemikiran Syed Naquib Al-Attas Terhadap Pendidikan Di Era Modern.” Tarbawi 6(1):14–29.
Nurhakim, Farchan. 2022. “Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Teori Pendidikan Kontemporer.” Ta?limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal 3(1):106–21.
Sugiyono. 2021. MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. 3rd ed. Bandung: Alfabeta, CV.
Syafa’ati, Sri, and Hidayatul Muamanah. 2020. “Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib Al-Attas Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Nasional.” Palapa 8(2):285–301. doi: 10.36088/palapa.v8i2.859.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Murni Ariani Br Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.