MAKNA DAN TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT SYED. MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Authors

  • Nazwa Eliva Putri Universitas Alwashliyah Medan
  • Eka Zuliana Universitas Alwashliyah Medan
  • Mardiah Mardiah Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18733

Keywords:

Makna Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Syed Muhammad Naquib Al-Attas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan tujuan menurut Syed Muhammad Naquib Al-Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian pustaka (library research), dengan sumber data primer dan sekunder. Instrumen pengumpulan data berupa mengumpulkan karya-karya tokoh tersebut, menelusuri karyanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Syed Muhammad Naquib adalah cendikiawan Muslim yang mempunyai konsep-konsep jelas terhadap penyebab kemunduran umat Islam dan memberikan langkah yang kuratif pada lembaga pendidikan melalui penanaman adab (ta’dib), ilmu (‘ilm),instruksi (ta’lim), dan pembinaan yang baik (tarbiyyah).hal ini sudah relevan dengan pendidikan di Indonesia menekankan pendidikan yang berorientasikan kemasyarakatan yang diharapkan mampu mengembangkan segala kemampuan dan menghadapi perkembangan zaman, sehingga terciptanya manusia adil dan beradab, dan terbentuknya manusia yang sempurna (insan kamil).

References

Abidin, Z. (2015). Tradisi Integrasi Ilmu Dalam Institusi Pendidikan Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(6), 1–16. https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i2.306

Anwar. (2019). Karakteristik Ontologi Pendidikan Islam: Penguatan Aspek Teosentris Dan Humanistik. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner ), 3(1), 30–41.

Armyn, H. (2004). Pendidikan Versi Muhammad Naquib Al AttaS. 1, 1–14.

Herawati, J. (2018). Perencanaan Strategi Sumberdaya Manusia Dan Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 7(1), 27–33. http://ejournal.lmiimedan.net

HU, M. (2023). Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang Pendidikan Islam Abad 21 Mengadapi Desrupsi Teknologi. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 71–77. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2034

Mahmudah. (2016). Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Tsarwah (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(1), 95–108.

Muslih, M. (2011). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 8(1), 53. https://doi.org/10.24239/jsi.v8i1.84.53-80

Nanu, R. P. (2021). Pemikiran Syed Naquib Al-Attas Terhadap Pendidikan di Era Modern. Tarbawi, 6(1), 14–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/3436

Nurhakim, F. (2022). Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Teori Pendidikan Kontemporer. Ta?limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal, 3(1), 106–121.

Rakhmat, A. T. (2020). Konsep Pendidikan Muhammad Naquib Al-A'?as. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 89–102.

Suedi. (2016). Pengantar Ilmu (1st ed.). PT Penerbit IPB Press.

Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Syafa’ati, S., & Muamanah, H. (2020). Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Palapa, 8(2), 285–301. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.859

Yusuf Sya’bani, M. A. (2016). Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Putri, N. E. ., Zuliana, E. ., & Mardiah, M. (2023). MAKNA DAN TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT SYED. MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 150–159. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18733