THE EFFECTIVENESS OF MIND MAPPING TECHNIQUE IN TEACHING A DESCRIPTIVE TEXT TO THE 10TH FASHION GRADERS OF SMK NEGERI 1 DHARMA CARAKA GUNUNGSITOLI SELATAN

Authors

  • Febriwan Harefa Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dwike Agustina Siahaan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Juni Jeffri Aritonang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sondang Manik Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Lastri Wahyuni Manurung Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18597

Keywords:

Writing, Mind Mapping Technique, Descriptive Text.

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan yang harus dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Keterampilan tersebut juga dipelajari pada tingkat Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan. Peneliti yang mengajar di SMK Negeri 1 Dharma Caraka Gunungsitoli Selatan) di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menemukan siswa kelas X-1 tahun ajaran 2022/2023 kesulitan dalam mengorganisasikan isi dan pengorganisasian teks. Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti menggunakan metode mind map untuk menyelesaikan permasalahan siswa. Metode ini berlaku pada siswa kelas X-1 Tata Busana sebagai sampel penelitian. Kelas tersebut mempunyai 34 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan diskusi dan wawancara. Semua siswa di kelas tersebut menjawab pertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Kesimpulan penelitian adalah metode mind map sangat membantu siswa dalam menulis dengan mudah, dan teknik mind map juga merupakan cara yang tepat agar siswa tidak merasa malas dan bosan dalam belajar bahasa Inggris.

References

Alsamadani, H. A. (2010). The Relationship between Saudi EFL Students’ Writing Competence, Writing competence, LI Writing Proficiency, and Self-Regulation European Journal of Social Sciences

Buzan, T. (2010). Buku Pintar Mind Mapping untuk Anak. Jakarta PT Gramedia Pustaka Utama

Ahadiat, D. (2018, December 26). Penerapan Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif

Ajeng L Fitriani, (2016). Improving Student’ Writing Skill Through Mind Mapping in Grade VII.Yogyakarta State University 2016.

D Trividianah, (2019). Mind Mapping Tecnique For Teaching Writing Descriptive Text

Riswanto & Putra, PP. (2012). The use Of Mind Mapping Technique in the Teaching Writing at Biklen, B. A. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Burhan, B. (2001). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Denzim, & Moleong. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. (p. 330). Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Hornby, AS. (1987). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of current English. London: Oxford University Press

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Harefa, F. ., Siahaan, D. A. ., Aritonang, J. J. ., Manik, S., & Manurung, L. W. (2023). THE EFFECTIVENESS OF MIND MAPPING TECHNIQUE IN TEACHING A DESCRIPTIVE TEXT TO THE 10TH FASHION GRADERS OF SMK NEGERI 1 DHARMA CARAKA GUNUNGSITOLI SELATAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 418–423. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18597