PENERAPAN DAN PEMAHAMAN SISWA SMP KELAS VIII TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN

Authors

  • Yuni Wulandari Universitas PGRI Madiun
  • Astri Eka Rahmawati Universitas PGRI Madiun
  • Siti Zubaidah Handriani Universitas PGRI Madiun
  • Anisa Anggun Setyaningsih Universitas PGRI Madiun
  • Abdul Luqi Baidowi Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819

Keywords:

Penerapan Dan Pemahaman Matematika, Matematika, Matematika Dalam Kehidupan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak pemahaman siswa SMP kelas VIII terhadap pembelajaran matematika yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu penelitian yang menuntut penggunaan banyak angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan hasilnya. Penelitian ini menggunakan angket untuk bahan meneliti dengan responden mengisi angket yang sudah disiapkan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian berupa angket, yaitu peneliti memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa yang dituju. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas SMP kelas VIII yang berjumlah 12 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan dan pemahaman siswa SMP kelas VIII terhadap materi pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan metode Kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa penerapan siswa terhadap pembelajaran matematikan yang dilaksanakan sehari-hari sangatlah bermanfaat. Namun pemahaman siswa menegnai pembelajaran matematika yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari masih sangat minim.

Author Biographies

Yuni Wulandari, Universitas PGRI Madiun

Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas PGRI Madiun

Astri Eka Rahmawati, Universitas PGRI Madiun

Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas PGRI Madiun

Siti Zubaidah Handriani, Universitas PGRI Madiun

Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas PGRI Madiun

Anisa Anggun Setyaningsih, Universitas PGRI Madiun

Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas PGRI Madiun

Abdul Luqi Baidowi, Universitas PGRI Madiun

Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas PGRI Madiun

Darmadi Darmadi, Universitas PGRI Madiun

Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas PGRI Madiun

References

abiyasa, P. k., yulianto, y. r., & pratini, h. s. (n.d.). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI SPLDV DENGAN ILUSTRASI KEGIATAN JUAL-BELI PAKAIAN ADAT. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 459-465.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. 1-229.

Kusmanto, H., & Marliyana, L. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. EduMa, 61-75.

Purbowati, D. (2021, April). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Mengenal Penelitian Ilmiah. Retrieved from https://akupintar.id: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/metode-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif-mengenal-penelitian-ilmiah

putri, D. Y., aima, z., & muhlisin. (2017). PENGARUH PENERAPAN TEKNIK SPOTLIGHT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP 1 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN. Mosharafa, 247-254.

Syarifah, L. L. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA II. JPPM, 57-71.

Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 91-100.

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). PENERAPAN DAN PEMAHAMAN SISWA SMP KELAS VIII TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819

Most read articles by the same author(s)