EFEKTIVITAS EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA

Authors

  • Bagus Nur ‘Aliimu Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17733

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

SMP Muhammadiyah 8 Surakarta merupakan salah satu dari banyaknya sekolah yang menerapkan evaluasi setelah pembelajaran di kota Surakarta dengan tujuan untuk mengukur atau juga mengetahui perkembangan siswanya. Salah satu hal yang menjadi penyebab terjadinya permasalahan ini yakni mengenai pemahaman oleh peserta didik yakni kurang optimalnya evaluasi terkait motivasi yang di lakukan di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara belajar terkait dengan bentuk evaluasi, efektivitas penilaian , motivasi belajar siswa serta kelebihan dan kekurangan evaluasi yang telah dilakukan di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, sehingga digunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini untuk mengungkapkan evaluasi pembelajaran PAI yang ada di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta mengambil pada saat penilaian di akhir yaitu penilaian semester. Apabila nilainya bagus maka lanjut dengan pembelajaran yang sebelumnya tetapi jika nilainya jelek ambil evaluasi seperti pembaharuan metode pembelajaran, strategi pembelajarannya. Evaluasi yang dilakukan sudah tergolong efektif dari segi penyampaian materi, metode dan strategi pembelajaran, nilai siswa setelah ada pembaharuan strategi pembelajaran juga baik. Sistem evaluasi di sekolah ini selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Kurang efektifnya dalam memilah-milah siswa yang paham dan kurang paham terhadap pembelajaran. Lebih banyak siswa yang kurang paham sehingga guru harus terus memperbarui strategi pembelajaran yang menarik agar mudah dipahami. Guru juga memanfaatkan siswa yang paham dengan membuat kelompok diskusi, siswa yang paham materi membantu siswa yang lain dengan menjelaskan materi guru dengan bahasa yang mudah dipahami.

References

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arifin, M. 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 87-113.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi

Hill, R.B. 1997. The Design og an Instrument to Assess Problem Solving Activities in Technology Education. Journal of Technology Education. Vol. 9, no. 1.

Idham Kholid. 2017. Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asing, Jurnal Tadris, vol 10 No. 1.

Ismanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 9, No. 2.

Kemendiknas. 2010. Renstra Depdiknas 2010-2011. Jakarta Pusat:

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mahirah. 2017. “Evaluasi Belajar Peserta Didik”, Idaarah: Jurnal Manajamen Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 2, https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/4269

Mardapi, Djemari. 2009. Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar Berbasis Standar Nasional, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 13, Nomor 2.

Mardapi. 2009. Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar Berbasis Standar Nasional. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 13, Nomor 2, hal. 227-245

Moh. Sahlan. 2013. Evaluasi Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Stain Jember Press.

Muhaimin. 2004. Paradigama Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008

Nana Sudjana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nitko, A. J. 1996. Educational Assessment of Students, New Jersey : Englewood Cliffs

Nurul Hidayah & Fikki Hermansyah. 2016. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume. 3 No. 2

Purwanto, M. Ngalim. 2009. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.

Subali, Bambang. 2010. Penilaian, Evaluasi,dan Remediasi Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Jurusan Biologi Fakultas MIPA.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Suharsini Arikunto. 1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tsawab, M. Chusnuts, dkk. 2019. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di MTs NU Banat Kudus. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol 2(2). Hal 93-112

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Nur ‘Aliimu, B. ., & Mustofa, T. A. . (2023). EFEKTIVITAS EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 133–139. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17733