MEMPERKAYA PENGALAMAN BELAJAR MELALUI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA (PMM) 2022 DI UNIVERSITAS PATTIMURA KOTA AMBON

Authors

  • Franjimson Naiborhu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Simon M. Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.14912

Keywords:

MBKM, Keberagaman Budaya, Universitas Pattimura.

Abstract

Program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) merupakan salah satu kegiatan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Universitas Pattimura di Kota Ambon menjalankan program ini dengan mengundang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk belajar selama satu semester di kampus mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap 16 mahasiswa yang telah mengikuti program pertukaran di Universitas Pattimura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pertukaran mahasiswa memberikan pengalaman belajar yang beragam, termasuk interaksi dengan mahasiswa dan dosen, kurikulum yang berbeda, metode pengajaran yang inovatif, dan akses terhadap fasilitas yang lebih baik. Program ini juga meningkatkan keterampilan antarbudaya mahasiswa dan membantu mereka menjadi lebih terbuka, toleran, dan sensitif terhadap keberagaman budaya. Mahasiswa juga melakukan berbagai kegiatan di luar kampus, seperti mengunjungi tempat wisata, mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat, dan mengenal budaya dan seni lokal. Program pertukaran mahasiswa merdeka di Universitas Pattimura memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa dalam memperluas pengetahuan mereka, mengembangkan keterampilan sosial, dan memperdalam pemahaman tentang budaya Indonesia.

References

Kemendikbud RI. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rebuplik Indonesia.

Kemendikbud RI. (2021). Panduan Operasional Baku (POB) Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rebuplik Indonesia.

Latifah, S., Gibran, Z., Saadiah, H., Prasetyawijaya, G., N.C, A. S., Imam, A. A., . . . Ahmad, Z. (2021). Pertukaran Pelajar Unram-UPM : Inovasi Pembelajaran MB-KM Dalam Menumbuhkan Ketangguhan. Jurnal PEPADU, 2(1), 46-51.

Ramadhani, A. E., Septia, A. Y., Wijayanti, R., & Septianingtias, A. (2021). Pengelolaan Diri Sebagai Upaya Membangun Kerja Sama Dalam Pertukaran Pelajar di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 71-84.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Naiborhu, F., & Panjaitan, S. M. . (2023). MEMPERKAYA PENGALAMAN BELAJAR MELALUI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA (PMM) 2022 DI UNIVERSITAS PATTIMURA KOTA AMBON . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 29–37. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.14912