MENGENAL MAKNA SIMBOLIK DAN STRUKTUR PELAKSANAAN DARI TRADISI TEDHAK SITEN DI KELURAHAN BANJAREJO KOTA MADIUN

Authors

  • Putri Wibisono Universitas PGRI Madiun
  • Tri Endarwati Universitas PGRI Madiun
  • Ayu Sri Wulandari Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.10025

Keywords:

Banjarejo, Makna, Tedhak Siten, Tradisi.

Abstract

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi dan masih dilestarikan oleh masyarakatnya. Tradisi yang ada di setiap daerah senantiasa harus dipertahankan, dilestarikan, dan dijaga agar tradisi tersebut tidak punah. Salah satu contoh tradisi Islam-Jawa yang hingga saat ini masih populer adalah tradisi Tedhak Siten.  Artikel ini bertujuan untuk mengupas filosofi dan makna dari Tedhak Siten, perlengkapan yang dibutuhkan dari Tedhak Siten, makna simbolik yang terkandung dalam susunan acara Tedhak Siten, dan pemenuhan tugas dari mata kuliah Filsafat Ilmu. Artikel ini dibuat dari hasil studi dan observasi di Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur. Masyarakat di Kelurahan tersebut dalam menjalankan tradisi Tedhak Siten saat ini, telah memodifikasi dari tradisi yang bersifat tradisional diubah dan dikemas secara lebih modern. Tedhak Siten biasanya dilakukan ketika anak berumur tujuh bulan berdasarkan kalender Jawa dan pertama kali turun atau menginjakkan kaki di tanah. Tedhak Siten memiliki makna tersendiri dalam setiap rangkaian prosesinya. Selain itu, perlengkapan  yang digunakan juga mengandung makna simbolik berdasarkan kepercayaan adat Jawa. Tradisi Tedhak Siten merupakan suatu hal baik bagi masyarakat Jawa asli yang kental dengan adat spiritual dan tentunya tidak bertentangan dengan norma-norma agama Islam.

References

Arif, M., & Nahrowi, M. D. I. (2021). Pengembangan Budaya Zamrud Khatulistiwa Dalam Pusaran Peradaban.

Djaya, T. R. (2020). Makna Tradisi Tedhak Siten Pada Masyarakat Kendal: Sebuah Analisis Fenomenologis Alfred Schutz. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(06), 21-31.

Hapsari, D.A.A A. Ada Tujuh Rangkaian Dan Makna Filosofi Dalam Tedak Siten, Https://Malangvoice.Com/Ada-Tujuh-Rangkaian-Dan-Makna-Filosofi-Tedak-Siten/, Diakses Tanggal 1 November 2022

Isti, R. (2022). Analisis Bentuk, Makna, Dan Fungsi Tradisi Tedak Siten Dalam Masyarakat Jawa Di Dusun Purwodadi Desa Ciptodadi Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Kompas.Com, Tedak Siten Upacara Adat Jawa Tengah, Tujuan, Latar Belakang, Dan Prosesi, Https://Regional.Kompas.Com/Read/2022/09/13/185048978/Tedak-Siten-Upacara-Adat-Jawa-Tengah_Tujuan-Latar-Belakang-Dan-Prosesi?Page=All#Page2 , Diakses Tanggal 1 November 2022

Merna (Dalam Aprilia), Filosofi Warna Kuning, Tidak Hanya Melambangkan Keceriaan Dan Kebahagiaan Saja, Lho !, Https://Www.Orami.Co.Id/Magazine/Filosofi-Warna-Kuning, Diakses Tanggal 1 November 2022

Mijianti, Y., & Dewi, E. S. (2022). Makna Simbolik Makanan Khas Bakalan: Studi Etnografi. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 15-24.

Oktavianto, H. (2010). Cerita Rakyat Sendang Kasihan Di Desa Tamantirta Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Sebuah Tinjauan Folklor).

Rahayu, I., Friantary, H., & Andra, V. (2022). Analisis Bentuk, Makna Dan Fungsi Tradisi Tedak Siten Dalam Masyarakat Jawa Di Dusun Purwodadi Desa Ciptodadi Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Jpi: Jurnal Pustaka Indonesia, 2(3), 35-50.

Ramadhani, W. Warna Kembang Telon Dan Makna Sakral Dalam Hidup, Https://Jurnaba.Co/Warna-Kembang-Telon-Dan-Makna-Sakral-Dalam-Hidup/, Diakses Tanggal 1 November 2022

Relin, D. E. Teologi Hindu Dalam Dalam Tradisi Selamatan Pada Masa Kanak-Nakak (Thedak Siten) Di Desa Kumendung Muncar Banyuwangi Jawa Timur.

Soemantri, F. U. J. P. D., & No, B. Makna Tradisi Selapanan Pada Masyarakat Jawa Di Desa Gedung Agung.

Wijayanto, A. (2021). Lintas Budaya Jawa Timur.

Wulandari, D. Akulturasi Budaya Secara Verbal Dan Kultural Pada Upacara Tedhak Siten Bagi Masyarakat Jawa. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 6(1), 76-86.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Wibisono, P., Endarwati, T., Wulandari, A. S., & Darmadi, D. (2022). MENGENAL MAKNA SIMBOLIK DAN STRUKTUR PELAKSANAAN DARI TRADISI TEDHAK SITEN DI KELURAHAN BANJAREJO KOTA MADIUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 203–210. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.10025

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>