ANALISIS KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGENAI MATERI BILANGAN BULAT DI KALANGAN SD PADA MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1827Keywords:
Kesulitan Pembelajaran Matematika, Filsafat, PandemiAbstract
Filsafat ilmu dan Pendidikan memiliki peran yang besar dalam membentuk karakteristik media pembelajaran matematika. Dalam filsafat ini terdapat beberapa aspek dan dimensi yang menjadi landasan pembuatan media pembelajaran matematika yaitu aspek ide dan fakta, serta dimensi abstrak dan konkret baik secara teoritis maupun praktis. Dalam pembelajaran matematika sedikit banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam belajar berhitung dan kekeliruan dalam menyelesaikan soal cerita, apalagi dimasa pandemi COVID-19. Maka dampak pandemi COVID-19 ini siswa menjadi kesulitan menerima Pendidikan karakter secara langsung dari guru-gurunya di sekolah. Kesulitan yang sering dialami oleh siswa yaitu kebingungan saat menentukan operasi hitung yang akan dipakai dan kesulitan saat mengerjakan soal cerita karena kurang mampu memahami maksud soal. Maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat dan solusi pemecahannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap Sekolah Dasar Negeri 01 Kartoharjo Kota Madiun Jawa Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Bedasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam pembelajaran Operasi Bilangan Bulat, siswa masih belum mampu mengerjakan dengan baik, masih kuang teliti dalam mengerjakan, dan masih terkesan sangat buru-buru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, alternatif yang diberikan pada saat penelitian adalah memberikan bimbingan untuk memaknai isi dari soal yang diberikan, setelah siswa dapat memaknai isi dari soal kemudian siswa diminta untuk menyelesaikan soal tersebut.References
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Burhanuddin, N. (2018). filsafat ilmu. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.
Maizora, S. (2020). konsepsi siswa kelas 3 sekolah dasar tentang bilangan bulat. phytagoras,48.
Muncarno. (2008). Penerapan Model Penyelesaian Soal Cerita dengan Langkah-langkah Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika . Jurnal Nuansa Pendidikan, Vol.6 No. 1.
Pahlevi, B. (2020, December 31). kesulitan belajar daring dimasa pandemi covid-19. Retrieved fromkompasiana:https://www.kompasiana.com/berthanandityajeni/5fecd14b8ede4860875a3292/kesulitan-belajar-daring-di-masa-pandemi-covid-19
Paridjo. (2012). Sebuah Solusi Mengatasi Kesulitan Matematika. semarang: Universitas Terbuka.
Partowisastro, K. (1986). Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.
Utomo, K. D. (2021). pemecahan masalah kesulitan belajar siswa pada masa pandemi covid-19 kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1-6