PERAN ORANG TUA DALAM MENYEIMBANGKAN PSIKOLOGI ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MASA COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1740Keywords:
Peran Orang Tua, Pembelajaran di Rumah (daring), Pandemi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menyeimbangkan psikologi anak pada pembelajaran matematika di masa Covid-19. Pentingnya pembelajaran matematika bagi anak membuat orang tua ikut mengambil peran dalam menanamkan konsep matematika kepada anak disamping pengajaran di sekolah. Sejak pandemi Covid-19 semua kegiatan belajar mengajar harus dilakukan sepenuhnya dari rumah. Oleh karena itu, tulisan ini mengkaji tentang bagaimana peran orang tua dalam menyeimbangkan psikologi anak pada pembelajaran matematika masa Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan penelitian observasi kualitatif. Data diperoleh dengan wawancara dengan 5 responden yaitu orang tua siswa SD dengan 15 pertanyaan singkat dan 3 jawaban responden pribadi. Populasi penelitian ini adalah orangtua siswa yang terdampak Covid-19. Kesimpulan penelitian ini adalah banyak orang tua menilai bahwa melalui pembelajaran di rumah dapat mempererat hubungan dengan anaknya, begitupun anaknya dinilai dapat melakukan pembelajaran di rumah dengan sangat kurang efektif. Peran orang tua sungguh utama dalam menjaga keseimbangan psikologi akibat tekanan pandemi yang harus melakukan pembelajaran daring. Pemberian motivasi dan pemahaman pandemi serta membantu proses belajar kunci orang tua pada masa kali ini.References
Dra. Desmita, M. (2009). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2019). PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DI RUMAH SEBAGAI UPAYA MEMUTUS COVID-19. Artikel Universitas Singaperbangsa Karawang.
Handayani, N. S. (2020). Keseimbangan pekerjaan keluarga dan kebahagiaan studi meta-analisis. jurnal psikologi, Vol 16 No 2.
Josua, D. P., Sunarti, E., & Krisnatuti, D. (2020). Internalisasi nilai keluarga dan regulisasi emosi:dapatkah membentuk perilaku sosial remaja? Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, volume 9, No 1 Juni 2020 Hal 17-34.
Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol.15 No.1.
mulyadi, m. (2011). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA . jurnal studi komunikasi dan media, volume 5 no.1.
Prasanti, D. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA PEREMPUAN. Jurnal Lontar, 13-21.
Rachmawati, I. N. (2007). PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Keperawatan Indonesia, 35-40.
Rohmah, E. Y. (2010). PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK MI/SD: STUDI ATAS DAMPAK KEPERGIAN IBU SEBAGAI TKW KE LUAR NEGERI. KODIFIKASIA Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial-Budaya , Nomor 1 Volume 4 Tahun 2010.
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar:Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol,06.N0 02.