RESPON MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIPMA DALAM MEMECAKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI ASPEK FILSAFAT ILMU SELAMA PERKULIAHAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1750Keywords:
Pandemi Covid-19, Masalah Geometri, Respon Mahasiswa, Filsafat Pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah geometri, sehingga dapat mengetahui sejauh mana mahasiswa dapat memahami materi dan menyelesaikan masalah geometri selama perkuliahan daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk dan strategi penelitian studi kasus (case study). Dari penelitian ini, diperoleh sebanyak 38 mahasiswa sebagai responden dari semester 2, 4, dan 6 yang mana telah mengikuti pembelajaran mata kuliah geometri secara daring selama pandemi. Kemudian, diambil sebanyak 6 mahasiswa sebagai subjek untuk diwawancarai. Masing-masing subjek tersebut adalah S1, S2, S3, S4, S5, dan S6. Hasil dari penelitian ini yaitu jika dipandang dari aspek epistimologis, mahasiswa merasa bahwa perkuliahan daring kadang-kadang menyenangkan. Sedangkan dari aspek aksiologis, mahasiswa merasa ragu-ragu dalam memahami materi yang disampaikan dan sebagian besar dari mereka juga memiliki kesibukan yang mempengaruhi perkuliahannya, serta materi perkuliahan disampaikan sangat mempengaruhi tugas yang diberikan oleh dosen. Kemudian ditinjau dari aspek ontologi, mahasiswa sudah berada di titik jenuh dengan tugas yang diberikan serta adanya beberapa kendala yang harus mereka hadapi saat perkuliahan daring.References
DAFTAR PUSTAKA
Amka. (2019). Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Nizama Learning Center.
Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Seminar Nasional Pascasarjana, 1-3.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-. Jurnal Cendekian: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 05, No.01, 551-561.
Fitria, R. N., & dkk. (2020). Tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan e-learninh dan platform daring. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol.3 No. 2 : 306.
In'am, A. (2014). The Implementation of the Polya Method in Solving Euclidean Geometry Problems. International Education Studies, Vol. 7 No.7: 150.
James, V. j. (1976). mathematic dictionary. nostrand: rienhold.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan;The Choice Is Yours. Jogjakarta: Valia Pustaka
Meinanda, dkk. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perasaan Tertekan Pada Siswa Kelas Tujuh SMP Saat Memahami Konsep Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 294-298.
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
NCTM. (2000). Principles, Standards, and Expectations. Retrieved from. Diambil kembali dari https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/Principles,-Standards,-
Omrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang). Jakarta: Penerjemah: Amitya Kumara : Erlangga.
Polya, G. (1973). How To Slove It (A New Aspect of Mathematics Method). New Jersey: Priceton University Press.
Safrina, K. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, vol. 1(1) 9-20.
Salistiyani, Usodo, B., & Pramudya, I. (2016, November). Respon Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Geometri Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau dari Tingkat Metakognisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cepu. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4, 802-811.
Subandi, A. (1982). Psikologi Sosial. Jakarta: Bulan Bintang.
T.C, W., O'Brien, & C, M.-D. (2011). Problem Based Learning in Mathematics. The mathematic enthusiast. Vol. 8 No. 1&2: 147-160.
Van De Walle, J. (2015). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah . Jakarta: Erlangga.
Wiramihardja. (2007). Pengantar Filsafat. Bandung: Refika Aditama.
Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases . Wellnes And Healthy Magazine , 187-192.