Pengembangan Media Video Animasi pada Materi Gaya dan Gerak dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7947Abstract
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi khususnya untuk materi gaya dan gerak dalam pembelajaran tematik kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan metode research and development (R & D). Teknik analisis data menggunakan model research and development (R & D) oleh Borg and Gall dengan membatasi langkah pengembangan dari 10 langkah menjadi 7 langkah, yakni, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil temuan, dikatakan bahwa media video animasi yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan sangat praktis, hal tersebut sesuai dengan penilaian peserta didik dengan perolehan persentase rata-rata kelayakan sebesar 93.6% yang menunjukkan kategori “Sangat Layak”, dan perolehan persentase rata-rata kepraktisan sebesar 93.27% yang menunjukkan kategori “Sangat Praktis”.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Rahayu, S. ., Kresnadi, H. ., & Halidjah, S. . (2022). Pengembangan Media Video Animasi pada Materi Gaya dan Gerak dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7914–7921. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7947
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Rahayu, ,Hery Kresnadi, Siti Halidjah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).