Pengembangan Media Video Animasi pada Materi Gaya dan Gerak dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan

Authors

  • Siti Rahayu Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7947

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi khususnya untuk materi gaya dan gerak dalam pembelajaran tematik kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan metode research and development (R & D). Teknik analisis data menggunakan model research and development (R & D) oleh Borg and Gall dengan membatasi langkah pengembangan dari 10 langkah menjadi 7 langkah, yakni, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil temuan, dikatakan bahwa media video animasi yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan sangat praktis, hal tersebut sesuai dengan penilaian peserta didik dengan perolehan persentase rata-rata kelayakan sebesar 93.6% yang menunjukkan kategori “Sangat Layak”, dan perolehan persentase rata-rata kepraktisan sebesar 93.27% yang menunjukkan kategori “Sangat Praktis”.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Rahayu, S. ., Kresnadi, H. ., & Halidjah, S. . (2022). Pengembangan Media Video Animasi pada Materi Gaya dan Gerak dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7914–7921. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7947

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>