Peran Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Blora

Authors

  • Erny Ratna Savitri SMP Negeri 4 Ngawen, Blora, Jawa Tengah, Indonesia
  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9635

Abstract

Penelitaan ini bertujuan mendiskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dan leader dalam penguatan pendidikan karakter religius dan nasionalisme di SMP Negeri 1 Blora. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, guru, dan siswa. Objek penelitian yaitu situasi yang menunjukan peran kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Blora meliputi peran kepala sekolah sebagai manajer dan leader dalam penguatan pendidikan karakter religius dan nasionalisme. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknis analisis data meliputi pengumpulan, kondensasi,  penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kreteria credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dan leader dalam penguatan pendidikan karakter religius dan nasionalisme di SMP Negeri 1 Blora sudah terlaksana dengan baik, hal dibuktikan dengan : sebagai manajer kepala sekolah sudah (1) membuat rencana program, (2) mengorganisasikan semua anggota, (3) melaksanakan rencana program, dan (4) melakukan pengawasan pelaksanaan program, sebagai leader kepala sekolah sudah (1) memberikan dorongan/ motivasi, (2) memberikan bimbingan /arahan terhadap pelaksanaan penguatan pendidikan karakter.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Savitri, E. R. ., & Miyono, N. . (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Blora . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8050–8057. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9635

Most read articles by the same author(s)