Peran Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Blora
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9635Abstract
Penelitaan ini bertujuan mendiskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dan leader dalam penguatan pendidikan karakter religius dan nasionalisme di SMP Negeri 1 Blora. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, guru, dan siswa. Objek penelitian yaitu situasi yang menunjukan peran kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Blora meliputi peran kepala sekolah sebagai manajer dan leader dalam penguatan pendidikan karakter religius dan nasionalisme. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknis analisis data meliputi pengumpulan, kondensasi, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kreteria credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dan leader dalam penguatan pendidikan karakter religius dan nasionalisme di SMP Negeri 1 Blora sudah terlaksana dengan baik, hal dibuktikan dengan : sebagai manajer kepala sekolah sudah (1) membuat rencana program, (2) mengorganisasikan semua anggota, (3) melaksanakan rencana program, dan (4) melakukan pengawasan pelaksanaan program, sebagai leader kepala sekolah sudah (1) memberikan dorongan/ motivasi, (2) memberikan bimbingan /arahan terhadap pelaksanaan penguatan pendidikan karakter.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Savitri, E. R. ., & Miyono, N. . (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Blora . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8050–8057. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9635
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Erny Ratna Savitri, Noor Miyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).