Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Smp Negeri Di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9616Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan mutu sekolah yang masih rendah. Supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalisme guru adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru SMP Negeri di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang berjumlah 209 guru dan sampel penelitian 138 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 24,826 + 0,568X1 dengan kontribusi sebesar 52,4%; (2) terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 14,335 + 0,766X2 dengan kontribusi sebesar 68,5%; dan (3) terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y = 10,197 + 0,186X1 + 601X2 dengan kontribusi sebesar 71,0%.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Jasmani, J., & Miyono, N. . (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Smp Negeri Di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7935–7943. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9616
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jasmani, Noor Miyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).