Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora

Authors

  • Eni Fitriyani SDN 1 Kemiri, Blora, Jawa Tengah, Indonesia
  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9617

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan kinerja guru masih rendah. Supervisi akademik, budaya kerja, dan kepuasan kerja guru adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora berjumlah 301 guru dan sampel penelitian 172  guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 70,329 + 0,390X1 dengan kontribusi sebesar 15%; (2) terdapat pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 48,493 + 0,595X2 dengan kontribusi sebesar 22%; (3) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y =  67,437 + 0,430X3 dengan kontribusi sebesar 17,6%; dan (4) terdapat pengaruh supervisi akademik, budaya kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y = 43,624 + 0,215X1 + 0,160X2 + 0, 263X3 dengan kontribusi sebesar 24,9%.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Fitriyani, E. ., & Miyono, N. . (2022). Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7944–7951. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9617

Most read articles by the same author(s)