Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9617Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan kinerja guru masih rendah. Supervisi akademik, budaya kerja, dan kepuasan kerja guru adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora berjumlah 301 guru dan sampel penelitian 172 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 70,329 + 0,390X1 dengan kontribusi sebesar 15%; (2) terdapat pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 48,493 + 0,595X2 dengan kontribusi sebesar 22%; (3) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 67,437 + 0,430X3 dengan kontribusi sebesar 17,6%; dan (4) terdapat pengaruh supervisi akademik, budaya kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y = 43,624 + 0,215X1 + 0,160X2 + 0, 263X3 dengan kontribusi sebesar 24,9%.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Fitriyani, E. ., & Miyono, N. . (2022). Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7944–7951. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9617
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eni Fitriyani, Noor Miyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).