Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9623Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan mutu sekolah masih rendah. Kompetensi kepala sekolah dan budaya sekolah adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora berjumlah 326 guru dan sampel penelitian 180 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 32,177 + 0,482X1 dan besarnya pengaruh 25,5%; (2) terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 19,921 + 0,485X2 dan besarnya pengaruh 31,0%; dan (3) terdapat pengaruh kompetensi kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y = 2,665 + 0,321X1 + 0,367X2 dan besarnya pengaruh 39,8%.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Susanti, F. H. ., & Miyono, N. . (2022). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7976–7983. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9623
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fianitha Hesti Susanti1, Noor Miyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).