Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Karanganyar Gunung 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13101Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar tematik kelas III SDN Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Karanganyar Gunung 02. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan minat belajar tematik peserta didik di kelas III SDN Karanganyar Gunung 02, dengan menerapkan cara 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan atau kompetisi, 3) Memberi uang/penilaian, 4)Memberi nilai atau angka , 5) Memberitahukan hasil belajar peserta diidk, 6) Memberi Hadiah 7) Memberi Pujian dan 8) Memberi Hukuman jika tidak mengerjakan tugas. Siswa telah memiliki rasa percaya diri yang baik melalui kegiatan bertanya dan memberi tanggapan pada saat dilakukan pada proses pembelajaran, mengharuskan guru sangat berperan dalam mendistribusikan materi secara aktif kepada siswa dengan semenarik mungkin, baik menggunakan media untuk memaparkan materi agar siswa memiliki antusias dalam mengikuti pembelajaran. Peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik hal tersebut dapat dilihat dengan adanya sistem pembelajaran berkelompok sesuai dengan jadwal yang sudah disetujui. Pembelajaran ini sangat efektif untuk mengusir kejenuhan siswa dalam belajar. dengan adanya pembelajaran tersebut guru telah melaksakan hal itu sebagai motivator bagi peserta didiknya.Downloads
Published
2023-04-06
How to Cite
Sari, D. M., Prasetyawati, R. D. ., Miyono, N. ., & Riskiyati, N. . (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2760–2768. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13101
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dewi Maulida Sari, Rina Dwi Prasetyawati, Noor Miyono, Nur Riskiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).