Pengaruh Konformitas terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas IX di SMP Negeri 11 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7486Abstract
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMPN 11 Kota Jambi bahwa banyak terdapat siswa yang bersikap konformitas yang terjadi pada Kelas IX yaitu diantaranya cara berpakaian dan berdandan berlebihan. Selanjutnya guru BK juga bnyak menjumpai siswa-siswa yang berkata kasar, mengolok-olok, menghina dll sehingga berujung pada Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh konformitas terhadap perilaku agresif verbal siswa kelas IX di SMPN 11 Kota Jambi. Penelitian ini dibatasi pada hanya mengidentifikasi konformitas yang ditunjukkan berdasarkan dari pengaruh normatif dan informasional. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian Ex-Post Facto dengan Sampel sebanyak 65 orang siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan yaitu angket skala likert. Dalam skala likert ini terdapat 5 opsi jawaban yaitu, Selalu (SL), Sering (SR), Kadang- Kadang (KD), Jarang (JR), dan Tidak Pernah (TP). Dari hasil analisis data peneliti menemukan bahwa angket tingkat konformitas siswa keseluruhan sebesar 69,89%, dan perilaku agresif verbal sebesar 67,59%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa tingkat konformitas dan perilaku agresif verbal siswa di SMP N 11 jambi masuk kedalam kategori “Tinggi”. Selanjutnya untuk menguji hipotesis penelitian peneliti menemukan bahwa t hitung ? t tabel maka dapat diartikan “Terdapat Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas IX Di SMPN 11 Kota Jambi”.Downloads
Published
2022-10-13
How to Cite
Yuwinda, R. ., Sutja, . A. ., & Yusra, . A. . (2022). Pengaruh Konformitas terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas IX di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5307–5316. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7486
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ridian Yuwinda, Akmal Sutja, Affan Yusra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).