Upaya Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 2 Lubuklinggau Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Modeling
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9121Abstract
Dunia kerja tidak hanya memilih calon pekerja yang memiliki kemampuan akademik (hard skills) tetapi juga disertai dengan soft skills yang baik. Kesiapan kerja peserta didik merupakan hal penting agar peserta didik dapat terserap dalam dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kesiapan kerja siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik modeling pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 6 orang siswa kelas XI Akomodasi Perhotelan yang memiliki kesiapan kerja yang rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kesiapan kerja dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik modeling dapat meningkatkan kesiapan kerja siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Persentase kesiapan kerja siswa pada prasiklus adalah 58,13% dengan kategori cukup siap, setelah tindakan siklus 1 menjadi 75,6% dengan kategori siap. Pada siklus 2, ternyata persentase tingkat kesiapan kerja siswa meningkat menjadi 93,6% dengan kategori sangat siap.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Sari, U. P. ., Bhakti, C. P. ., & Iriastuti, M. E. . (2022). Upaya Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 2 Lubuklinggau Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Modeling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5292–5295. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9121
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ully Permata Sari, Caraka Putra Bhakti, Mae Endang Iriastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).