Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMP Negeri 2 Manisrenggo Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5815Abstract
Bimbingan kelompok adalah proses penerima bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota kelompok untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya pengembangan pribadi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk peningkatan efikasi diri akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Manisrengoo Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk peningkatan efikasi diri akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Manisrengoo Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek berjumlah 7 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket efikasi diri akademik. Adanya peningkatan efikasi diri akademik dapat dilihat dengan perolehan rata-rata pre-test sebesar 86,86 (60%), setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II di peroleh hasil post test 1 sebesar 96,57 (67%), kemudian post test 2 mengalami peningkatan menjadi 110,71 (77%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,86 (17%) dari sebelum tindakan sampai setelah tindakan berakhir. Hal tersebut membuktikan bahwa teknik role playing dapat meningkatkan efikasi diri akademik.Downloads
Published
2022-08-03
How to Cite
Wardani, . A. K. ., Bhakti, C. P. ., & Iriastuti, M. E. (2022). Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMP Negeri 2 Manisrenggo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2434–2438. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5815
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anita Kusuma Wardani, Caraka Putra Bhakti, Mae Endang Iriastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).