Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMP Negeri 2 Manisrenggo Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Anita Kusuma Wardani Universitas Ahmad Dahlan
  • Caraka Putra Bhakti Universitas Ahmad Dahlan
  • Mae Endang Iriastuti SMK Negeri 1 Kalasan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5815

Abstract

Bimbingan kelompok adalah proses penerima bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota kelompok untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya pengembangan pribadi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk peningkatan efikasi diri akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Manisrengoo Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk peningkatan efikasi diri akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Manisrengoo Tahun Ajaran 2021/2022.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek berjumlah 7 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  observasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket efikasi diri akademik. Adanya peningkatan efikasi diri akademik dapat dilihat dengan perolehan rata-rata pre-test sebesar 86,86 (60%), setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II di peroleh hasil post test 1 sebesar 96,57 (67%), kemudian post test  2 mengalami peningkatan menjadi 110,71 (77%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,86 (17%) dari sebelum tindakan sampai setelah tindakan berakhir. Hal tersebut membuktikan bahwa teknik role playing dapat meningkatkan efikasi diri akademik.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Wardani, . A. K. ., Bhakti, C. P. ., & Iriastuti, M. E. (2022). Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMP Negeri 2 Manisrenggo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2434–2438. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5815