Upaya Mereduksi Agresivitas Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7164Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena perilaku agresif(gresivitas) pada siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Ngawi tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif melalui teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 10 orang siswa kelas X IPS yang berperilaku agresif. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku agresif. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang mencapai kriteria 30% siswa memiliki kategori rendah. Prosentase pra tindakan kriteria perilaku agresif sedang 90% dan rendah 10%. Siklus I belum mengalami penurunan. Siklus II prosentase mengalami penurunan menghasilkan kriteria perilaku agresif sedang 70% , rendah 20% dan tanpa keterangan 10%. Pada Siklus III prosentase mengalami penurunan menghasilkan kriteria perilaku agresif sedang 60% rendah 30% dan tanpa keterangan 10%.Downloads
Published
2022-09-29
How to Cite
Puti, . A. ., Bhakti, C. P. ., & Iriastui, M. E. (2022). Upaya Mereduksi Agresivitas Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Ngawi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3502–3506. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7164
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anisa Puti, Caraka Putra Bhakti, Mae Endang Iriastui
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).