Upaya Mereduksi Agresivitas Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Ngawi

Authors

  • Anisa Puti Universitas Ahmad Dahlan
  • Caraka Putra Bhakti Universitas Ahmad Dahlan
  • Mae Endang Iriastui Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7164

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena perilaku agresif(gresivitas) pada siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Ngawi  tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif melalui teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 10 orang siswa kelas X IPS yang berperilaku agresif. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku agresif. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang mencapai kriteria 30% siswa memiliki kategori rendah. Prosentase pra tindakan kriteria perilaku agresif sedang 90% dan rendah 10%. Siklus I belum mengalami penurunan. Siklus II prosentase mengalami penurunan menghasilkan kriteria perilaku agresif sedang 70% , rendah 20% dan tanpa keterangan 10%. Pada Siklus III prosentase mengalami penurunan menghasilkan kriteria perilaku agresif sedang 60% rendah 30% dan tanpa keterangan 10%.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Puti, . A. ., Bhakti, C. P. ., & Iriastui, M. E. (2022). Upaya Mereduksi Agresivitas Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Ngawi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3502–3506. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7164

Most read articles by the same author(s)