Identifikasi Nilai-Nilai Keutamaan dalam Serat Wulangreh Sebagai Bentuk Pengembangan Kompetensi Kepribadian Konselor Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5095Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai keutamaan yang terkandung dalam serat wulangreh sebagai bentuk pengembangan kompetensi kepribadian konselor sekolah. Serat Wulangreh sebagai karya sastra klasik karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV dapat dijadikan rujukan dalam mengembangkan kompetensi kepribadian konselor sekolah karena memuat nilai-nilai luhur yang terdapat pada masyarakat Suku Jawa sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang berdasarkan isinya sesuai dengan kompetensi kepribadian konselor sekolah. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten/isi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil bahwa di dalam Serat Wulangreh terdapat nilai-nilai yang sesuai dengan kompetensi konselor yaitu 1) bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) Loyalitas, dedikasi dan komitmen pada profesi yang diemban, 3) menghormati dan menerima tanpa syarat keadaan konseli, 4) dapat menjadi contoh bagi konseli dan teman sejawat, 5) menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan menjaga rahasia, 6) tenang dalam menghadapi masalah, 7) pribadi yang mampu berpikir positif, 8) pribadi yang selalu belajar untuk berkembang, sehingga pengetahuan yang dimiliki dapat bertambah dan mengikuti perkembangan jaman. Nilai-nilai keutamaan dalam Serat Wulangreh tersebut dapat dikembangkan untuk menguatkan kompetensi kepribadian konselor sekolah, yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Damairia, D. ., Bhakti, C. P. ., & Iriastuti, M. E. (2022). Identifikasi Nilai-Nilai Keutamaan dalam Serat Wulangreh Sebagai Bentuk Pengembangan Kompetensi Kepribadian Konselor Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2423–2427. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5095
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dian Damairia, Caraka Putra Bhakti, Mae Endang Iriastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).