Identifikasi Nilai-Nilai Keutamaan dalam Serat Wulangreh Sebagai Bentuk Pengembangan Kompetensi Kepribadian Konselor Sekolah

Authors

  • Dian Damairia Universitas Ahmad Dahlan
  • Caraka Putra Bhakti Universitas Ahmad Dahlan
  • Mae Endang Iriastuti SMK Negeri 1 Kalasan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5095

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai keutamaan yang terkandung dalam serat wulangreh sebagai bentuk pengembangan kompetensi kepribadian konselor sekolah. Serat Wulangreh sebagai karya sastra klasik karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV dapat dijadikan rujukan dalam mengembangkan kompetensi kepribadian konselor sekolah karena memuat nilai-nilai luhur yang terdapat pada masyarakat Suku Jawa sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang berdasarkan isinya sesuai dengan kompetensi kepribadian konselor sekolah. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten/isi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil bahwa di dalam Serat Wulangreh terdapat nilai-nilai yang sesuai dengan kompetensi konselor yaitu 1) bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) Loyalitas, dedikasi dan komitmen pada profesi yang diemban, 3) menghormati dan menerima tanpa syarat keadaan konseli, 4) dapat menjadi contoh bagi konseli dan teman sejawat, 5) menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan menjaga rahasia, 6) tenang dalam menghadapi masalah, 7) pribadi yang mampu berpikir positif, 8) pribadi yang selalu belajar untuk berkembang, sehingga pengetahuan yang dimiliki dapat bertambah dan mengikuti perkembangan jaman. Nilai-nilai keutamaan dalam Serat Wulangreh tersebut dapat dikembangkan untuk menguatkan kompetensi kepribadian konselor sekolah, yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Damairia, D. ., Bhakti, C. P. ., & Iriastuti, M. E. (2022). Identifikasi Nilai-Nilai Keutamaan dalam Serat Wulangreh Sebagai Bentuk Pengembangan Kompetensi Kepribadian Konselor Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2423–2427. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5095

Most read articles by the same author(s)