Upaya Meningkatkan Regulasi Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Expressive Writing Pada Peserta Didik Kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil B di SMK Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5792Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi pada peserta didik kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil B di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini adanya peningkatan regulasi emosi pada peserta didik kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil B di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta menggunakan apakah teknik expressive writing dengan layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Mc Taggart dari Suharsimi Arikunto (2002). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan sampel 10 orang peserta didik dari kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil B di SMK Negeri 1 Kalasan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala regulasi emosi, observasi dan wawancara. Uji Validitas instrumen menggunakan validitas isi melalui teknik analisis rasional professional judgment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach, dengan nilai koefisien ? 0,807. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi peserta didik. Dibuktikan dengan skor hasil rata-rata pretest sebesar 21,6 pada siklus I meningkat menjadi 32,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 40,4. Hasil dari observasi yang didapat, peserta didik aktif dalam kegiatan pemberian tindakan, peserta didik mampu mengenal emosi, dan tidak malu untuk tampil di depan teman-teman kelompok dalam sesi berbagi. Hasil wawancara yang didapat dari peserta didik menyatakan bahwa setelah mengikuti serangkaian pemberian tindakan yang dilakukan oleh peneliti peserta didik lebih memahami emosi yang dirasakannya, mengetahui strategi dalam mengontrol emosi negatif, dapat merespon emosi dengan tepat, dan mampu menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan emosi.Downloads
Published
2022-08-01
How to Cite
Fatmawati, . R. ., Bhakti, C. P., & Iriastuti, M. E. . (2022). Upaya Meningkatkan Regulasi Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Expressive Writing Pada Peserta Didik Kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil B di SMK Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2351–2357. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5792
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahmi Fatmawati, Caraka Putra Bhakti, Mae Endang Iriastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).