Optimalisasi Keterlibatan Masyarakat Melalui POKMAS LIPAS Dalam Pembimbingan Terhadap Klien Pemasyarakatan di Bapas Kelas I Denpasar

Authors

  • Ni Nyoman Fitria Widiasmita Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Ali Muhammad Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Cahyoko Edi Tando Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8941

Abstract

Keterlibatan masyarakat dianggap perlu dalam pembimbingan klien pemasyarakatan dimana tanpa adanya keterlibatan masyarakat dalam proses pemulihan klien pemasyarakatan ke tengah masyarakat, maka akan menimbulkan stigma negatif yang akan menyebabkan terhambatnya proses pemulihan tersebut dan nantinya malah melahirkan residivis. Untuk mewujudkan hal tersebut, melalui POKMAS LIPAS, Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar melaksanakan pembimbingan terhadap klien pemasyarakatan bermitra dengan POKMAS LIPAS yang ada diseluruh wilayah kerja Bapas Kelas I Denpasar di Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana upaya Bapas Kelas I Denpasar untuk melibatkan masyarakata dalam pembimbingan klien pemasyarakatan melalui POKMAS LIPAS, serta apa saja hambatan yang dihadapi. manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai bagaimana upaya dalam pemberian pembimbingan terhadap klien pemasyarakatan melalui POKMAS LIPAS. metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. adapun hasil penelitian yang penulis temukan adalah Bapas Kelas I Denpasar dalam melaksanakan pembimbingan bermitra dengan POKMAS LIPAS yang ada di seluruh wilayah Bali, dimana sampai bulan Juli 2022 sudah bermitra sebanyak 27 POKMAS LIPAS. Adapun hambatan dalam pelaksanaannya pelaksanaannya adalah Kurang antusiasnya klien Pemasyarakatan dalam mengikuti pembimbingan, luasnya wilayah kerja Bapas Kelas I Denpasar, dan keterbatasan anggaran.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Widiasmita, . . N. N. F. ., Muhammad, A. ., & Tando, C. E. . (2022). Optimalisasi Keterlibatan Masyarakat Melalui POKMAS LIPAS Dalam Pembimbingan Terhadap Klien Pemasyarakatan di Bapas Kelas I Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4316–4325. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8941

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>