Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Pemanfaatan Energi Kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8134Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest. Sampel dalam penelitian kelas eksperimen ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari dan sampel penelitian kelas kontrol ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 095216 Sukaramai. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis dengan uji- t, dimana t hitung = 2,30 jika nilai signifikan (2- tailed) < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini nilai signifikasi (2-tailed)= 0.02. maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Ayu, I. T. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Pemanfaatan Energi Kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 206–216. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8134
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Intan Tri Ayu, Lisbet. N Sihombing, Eva Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).