Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Pemanfaatan Energi Kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari

Authors

  • Intan Tri Ayu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet. N Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8134

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest. Sampel dalam penelitian kelas eksperimen ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari dan sampel penelitian kelas kontrol ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 095216 Sukaramai. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis dengan uji- t, dimana t hitung = 2,30 jika nilai signifikan (2- tailed) < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini nilai signifikasi (2-tailed)= 0.02. maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Ayu, I. T. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Pemanfaatan Energi Kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 206–216. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8134

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>