Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Terhadap Peningkatan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI MAN 2 Rembang

Authors

  • Diah Ayu Nur Cahyani Universitas PGRI Semarang
  • Tri Suyati Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6900

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa mengalami masalah hambatan dalam membuka dirinya untuk mengungkapkan suatu masalah yang sedang dihadapi, dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang cenderung pasif, jika ada suatu pertanyaan yang sekiranya kurang benar siswa tidak berani untuk menanggapinya, serta ada beberapa siswa yang tidak mau bergaul karena menganggap bahwa dirinya lebih mampu daripada orang lain dan mengabaikan pendapat orang lain. Salah satu alternatif yang dapat diberikan untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Rembang dengan jumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik  cluster random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 17 siswa kelompok kontrol dan 18 siswa kelompok eksperimen yang dibagi menjadi dua kelompok kecil eksperimen 1 berjumlah 9 siswa dan eksperimen 2 berjumlah 9 siswa. Dari hasil thitung  sebesar 6.54 dan ttabel diperoleh dari db = n-2 sebesar 2.042 pada taraf signifikan 5%. Berarti thitung (6.54) > ttabel (2.042), maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Terhadap Peningkatan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI MAN 2 Rembang”.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design. Data penelitian menunjukan bahwa dari selisih rata-rata pretest dan posttest Skala Keterbukaan Diri siswa pada kelompok eksperimen sebesar 19.3 dan pada kelompok kontrol selisih rata-rata pretest dan posttest Skala Keterbukaan Diri sebesar 3.5. Hal ini menunjukan adanya perbedaan rata – rata Keterbukaan Diri antara kelompok eksperimen yang diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik Brainstorming dan kelompok kontrol yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik Brainstorming yaitu sebesar 15.8.

Downloads

Published

2022-09-18

How to Cite

Cahyani, D. A. N., Suyati, T. ., & Ismah, I. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Terhadap Peningkatan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI MAN 2 Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2039–2046. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6900

Most read articles by the same author(s)