Pengaruh Media Gambar terhadap Prestasi Belajar Siswa Subtema Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Kelas III SD Negeri 091522 Marubun Jaya

Authors

  • Mariajoya F. R. Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet. N Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar  terhadap prestasi belajar siswa pada subtema 2 kelas III di SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 091522 Marubun Jaya, pada bulan agustus 2022. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design dengan sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas III A dan III B sebanyak 50 siswa. Vaiabel dalam penelitian ini adalah media gambar (X) dan prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk data tes media gambar dengan jumlah sampel 50 orang siswa, kemudian di dapat jumlah skor pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 43,20. Posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 80,80. Pretest kelas kontrol dengan nilai rata-rata 40,00. Posttest kelas kontrol dengan nilai rata-rata 70,80.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Panjaitan, M. F. R. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Pengaruh Media Gambar terhadap Prestasi Belajar Siswa Subtema Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Kelas III SD Negeri 091522 Marubun Jaya . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 492–500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8188

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2