Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keragaman Siswa Kelas IV

Authors

  • Deviana Sari Harahap Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Lisbet. N Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar pada tema 1 indahnya kebersamaan subtema 2 kebersamaan dalam keragaman siswa kelas IV SD Swasta Hkbp Tomuan Pematangsiantar, pada bulan September 2022. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Eksperimental Pretest- Posttest Control Group Design dengan menggunakan sampel dalam penelitian. Populasi penelitian peserta didik di kelas IV SD Swasta Hkbp dan SD Swasta Gkps, Sampel penelitian peserta didik kelas IV SD Swasta Hkbp sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol di kelas IV SD Swasta Gkps 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dimana tes sebanyak 25 soal dan di uji cobakan sehingga mendapatkan nilai yang valid akan dijadikan tes untuk peserta didik dikelas eksperimen maupun kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Berdasarkan dari hasil penelitian telah dilakukan untuk data tes hasil belajar siswa pada model pembelajaran dengan jumlah sampel 49 siswa, kemudian dapat dijumlahkan skor pretest di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 85,00. Posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 80,00. Pretest kelas kontrol dengan nilai rata-rata 50,00. Posttest kelas kontrol dengan nilai rata-rata 85,00.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Harahap, D. S. ., Sihombing, L. N. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keragaman Siswa Kelas IV . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 457–466. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8184

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>