Manajemen Pendidikan Dengan Pendekatan Tpack Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Society 5.0

Authors

  • Ronny Suryo Narbito UTP Surakarta
  • Zulvia Trinova UIN Imam Bonjol Padang
  • Deisye Supit Universitas Klabat
  • Hartini Hartini UTP Surakarta
  • Nur Agus Salim Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8074

Abstract

Kemampuan seorang guru untuk beradaptasi dengan teknologi diuji ketika ada perubahan signifikan dari aktivitas belajar mengajar secara tatap muka ke pembelajaran yang sifatnya jarak jauh. Yang paling penting adalah upaya guru untuk mengarahkan sikap dan keterampilan peserta didik pada saat pembelajaran jarak jauh. Kajian ini dijalankan dengan maksud untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen pendidikan dengan pendekatan TPACK sebagai solusi pembelajaran jarak jauh era society 5.0. Untuk mengungkap kajian ini peneliti memakai kajian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa, perkembangan informasi serta teknologi yang begitu cepat di era ini tentunya termasuk suatu hal yang tidak dapat dihindari lagi dampaknya. Manajemen pendidikan melalui TPACK atau menjalankan integrasi teknologi pada kegiatan belajar termasuk suatu hal yang penting, guna bisa memberikan peningkatan kualitas pembelajaran terutama pembelajaran jarak jauh. TPACK “Technological Pedagogical Content Knowledge” termasuk hubungan di antara pengetahuan pedagogi, teknologi serta konten yang wajib dipahami oleh para guru. Untuk dapat menjalankan integrasi teknologi dalam kegiatan pembelajaran maka dibutuhkan pengetahuan mengenai TPACK yang didukung dengan substansi manajerial yang baik.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

Narbito, R. S. ., Trinova, Z. ., Supit, D. ., Hartini, H., & Salim, N. A. . (2022). Manajemen Pendidikan Dengan Pendekatan Tpack Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8471–8481. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8074

Most read articles by the same author(s)