Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar Unklab Airmadidi

Authors

  • Deisye Supit Universitas Klabat
  • Nofry Frans Universitas Klabat
  • Dayu Sabaritha Ceonvin Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10162

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dari pola asuh yang di gunakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Unklab Airmadidi untuk melihat apakah polah asuh yang digunakan adalah otoriter, permisif atau demokratis.  Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kuatitaif.  Kuesioner dalam penelitian, peneliti menggunakan kuesioner pola asuh orang tua yang di adaptasi dalam Sembiring (2021) teori dari Hurlock (2010).  Responden dalam penilitian adalah siswa Sekolah Dasar Unklab Airmadidi di kelas VB dan C sebanyak 60 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument kuesioner yang berisi 15 butir pernyataan dan dijalankan secara langsung di dalam kelas. Berdasarkan hasil bagaimana pola asuh orang tua dalam pembelajaran siswa kelas V SD Unklab Airmadidi di peroleh mean score= 3,43 didapati tinggi yaitu pola asuh demokratis. Saran dalam penelitian ini sebagai berikut: Pola asuh orang tua yang tepat sangat penting untuk di terapkan agar pembelajaran siswa juga menjadi baik karena melalui pola asuh yang tepat maka siswa juga dapat memperoleh keberhasilan. Hal Ini dapat dilihat dari pola asuh demokratis yaitu suka berdiskusi, mendengarkan keluhan anak, memberi tanggapan dan komunikasi yang baik dengan menerapkan pola asuh yang tepat maka harus di pertahankan untuk membantu anak dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Supit, D. ., Frans, N. ., & Ceonvin, D. S. . (2022). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar Unklab Airmadidi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10898–10905. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10162

Most read articles by the same author(s)