Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Dengan Pendekatan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Authors

  • Aprillia Aprillia Universitas PGRI Palembang
  • Hermansyah Hermansyah Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran open ended dengan pendekatan active learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Sampel penelitian ini adalah seluruh siiswa kelas V yang terdiri dari dua kelas dengan teknik sampel jenuh yaitu, siswa kelas VA dan siswa kelas VB di SDN 3 Tanjung Lago. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis eksperimen. Metode pengumpulan data aktivitas siswa melalui dokumentasi dan observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes berbentuk uraian. Dengan desain posttest-only control design. Metode analisis data penelitian menggunakan analisi kuantitatif menggunakan uji independent sample t-test. Hasil menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen 76,9 % dan kontrol 60,5%. Hasil tersebut terlihat dapat menyatakan bahwa terdapat hasil belajar dan signifikan pada pengaruh model pembelajaran open ended dengan pendekatan active learning menggunakan SPSS versi 22 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran open ended dengan pendekatan active learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pengaruh model pembelajaran open ended dengan pendekatan active learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Aprillia, A., Hermansyah, H., & Marleni, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Dengan Pendekatan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6116–6122. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7664

Most read articles by the same author(s)