Pengaruh Metode Ekspresi Bebas Dengan Teknik Kolase Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Dua Dimensi Siswa Kelas IV

Authors

  • Nurul Adawiya Universitas PGRI Palembang
  • Hermansyah Hermansyah Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7789

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh metode ekspresi bebas pada hasil belajar seni rupa dua dimensi siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentuk eksperimen semu (Quasi Eksperiment), desain yang digunakan adalah “Desain Nonequivalent Control Group Design, dengan pemilihan kelompok yang pilih berdasarkan hasil pretest”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Air Kumbang. Sampel penelitian ini adalah kelas IV.A (eksperimen) dan kelas IV.B (kontrol). Dengan jumlah siswa 48 siswa kelas IV.A sebanyak 24 siswa dan kelas IV.B 24 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan bahwa hasil belajar pada tes akhir (posttest) kelas eksperimen sebesar 77,54 dan kelas kontrol sebesar 63,52, sedangkan rata-rata tes awal (prestest) kelas eksperimen sebesar 44,4 dan kelas kontrol sebesar 47,25. Dengan demikian, terjadi peningkatan setelah diterapkannya metode ekspresi bebas dengan teknik kolase. Hasil penelitian menunjukan nilai thitung sebesar 4,1338. Ini mnunjukan bahwa thitung = 4,1338 ? ttabel = 1,67722. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh metode ekspresi bebas terhadap hasil belajar seni rupa dua dimensi siswa kelas IV SD Negeri 12 Air Kumbang.

Downloads

Published

2022-10-21

How to Cite

Adawiya, N. ., Hermansyah, H., & Noviati, N. (2022). Pengaruh Metode Ekspresi Bebas Dengan Teknik Kolase Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Dua Dimensi Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6749–6753. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7789

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>