Pengembangan Media Pembelajaran Roulette Bingo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5232Abstract
Belum optimalnya penggunaan media pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran siswa untuk memahami materi ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran Roulette Bingo pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi kelas IV SD yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan metode R&D (Reseacrh and development) dengan model ADDIE. Penelitian ini di lakukan di SD Negeri 4 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian oleh ahli media memperoleh skor 97,33% dengan kategori “Sangat layak/valid”, ahli materi yaitu 91,67% dengan kategori “Sangat layak/valid”, sedangkan hasil penilaian oleh guru kelas memperoleh skor 97,34% dengan kategori “ Sangat praktis”. Hasil penilaian siswa pada uji coba one to one memperoleh skor 79,44% dengan kategori “Praktis”, sedangkan pada uji coba small group memperoleh skor 91,50% dengan kategori “ Sangat Praktis”. Hasil penilaian yang terdiri dari 29 siswa memperoleh skor 88,27% dengan kategori “Sangat Praktis. Dengan demikian media yang dikembangkan berupa media Roulette Bingo dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran.Downloads
Published
2022-07-06
How to Cite
Mutmainnah, K. Q. A. ., Hermansyah, H., & Marleni, . M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Roulette Bingo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 352–358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5232
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Khoirotun Qolbiah Al Mutmainnah, Hermansyah, Marleni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).