Pengaruh Media Cerita Bergambar Berbasis Literasi Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Monicka Riska Bela Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media cerita bergambar berbasis literasi membaca terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 32 Prabumulih. Sampel dalam penelitian ini terbagi atas kelas IIIA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2×2 dengan ANAVA. Analisis data menggunakan analisis varian dua jalur (ANAVA) yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) adanya pengaruh perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media komik pembelajaran dengan media buku siswa, (2) adanya pengaruh interaksi antara media komik pembelajaran dan literasi membaca terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar, (3) hasil belajar siswa yang memiliki literasi membaca tinggi menggunakan media komik pembelajaran lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki literasi membaca tinggi menggunakan media buku siswa. (4) hasil belajar siswa yang memiliki literasi membaca rendah yang menggunakan media komik pembelajaran lebih rendah dibandingkan siswa yang memiliki literasi membaca rendah yang menggunakan media buku siswa.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Bela, M. R. ., Disurya, R. ., & Marleni, M. (2022). Pengaruh Media Cerita Bergambar Berbasis Literasi Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1379–1384. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5461