Pengaruh Media Cerita Bergambar Berbasis Literasi Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5461Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media cerita bergambar berbasis literasi membaca terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 32 Prabumulih. Sampel dalam penelitian ini terbagi atas kelas IIIA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2×2 dengan ANAVA. Analisis data menggunakan analisis varian dua jalur (ANAVA) yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) adanya pengaruh perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media komik pembelajaran dengan media buku siswa, (2) adanya pengaruh interaksi antara media komik pembelajaran dan literasi membaca terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar, (3) hasil belajar siswa yang memiliki literasi membaca tinggi menggunakan media komik pembelajaran lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki literasi membaca tinggi menggunakan media buku siswa. (4) hasil belajar siswa yang memiliki literasi membaca rendah yang menggunakan media komik pembelajaran lebih rendah dibandingkan siswa yang memiliki literasi membaca rendah yang menggunakan media buku siswa.Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Bela, M. R. ., Disurya, R. ., & Marleni, M. (2022). Pengaruh Media Cerita Bergambar Berbasis Literasi Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1379–1384. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5461
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Monicka Riska Bela, Ramanata Disurya, Marleni Marleni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).