Pengembangan Media Lift the Flap Book Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5201Abstract
Kurangnya media pembelajaran guna mendukung kegiatan pembelajaran siswa untuk memahami materi ajar. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran lift the flap book pada pembelajatan IPA kelas V SD yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan metode R&D (Reseacrh and development) dengan model ADDIE. Penelitian ini di lakukan di SD Negeri 4 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian oleh ahli media media memperoleh skor 96,00% dengan kategori “Sangat layak/valid”, ahli materi yaitu 92,30% dengan kategori “Sangat layak/valid”, sedangkan hasil penilaian oleh guru kelas memperoleh skor 90,76% dengan kategori “ Sangat praktis”. Hasil penilaian siswa pada uji coba one to one memperoleh skor 92,66% dengan kategori “Sangkat Praktis” sedangkan pada uji coba small group memperoleh skor 80,2% dengan kategori “Praktis”. Penilaian kepada seluruh siswa memperoleh skor 87,25% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian media yang dikembangkan berupa media lift the flap book dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaranDownloads
Published
2022-07-04
How to Cite
Novitasari, S. ., Hermansyah, H., & Noviati, N. (2022). Pengembangan Media Lift the Flap Book Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 209–215. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5201
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sinta Novitasari, Hermansyah, Noviati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).