Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sukaraja

Authors

  • Nadila Nadila Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5514

Abstract

Analisis kemampuan pemecahan masalah diperlukan untuk melihat gambaran tentang kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukaraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukaraja. Metode yang menggunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukaraja Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel berdasarkan total sampling yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah berdasarkan indikator ditemukan bahwa indikator menunjukkan pemahaman masalah pada materi penjumlah dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sukaraja sebesar 59 yang termasuk dalam kategori cukup. Pada indikator menyajikan masalah secara matematik diperoleh sebesar 86 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Indikator menunjukkan kemampuan dalam melakukan atau perhitungan diperoleh sebesar 58 yang termasuk dalam kategori cukup, sedangkan pada indikator kemampuan melakukan pemeriksaan atau pengecekan kembali diperoleh sebesar 24 yang termasuk dalam kategori sangat kurang.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Nadila, N., Disurya, R. ., & Marleni, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1469–1475. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5514