Pengaruh Pendekatan Concrete – Pictorial – Abstract (CPA) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ujungbatu Provinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7558Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VII SMP Negeri 1 Ujungbatu. Berdasarkan hasil Ulangan Harian 1 ditemukan bahwa permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik, hal tersebut dipengaruhi oleh penggunaan pendekatan yang kurang tepat. Melihat permasalahan tersebut peneliti memberikan soluasi melalui penerapan pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Ujungbatu. Berdasarkan penelitian dan uji pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan yang diperoleh dalam pembahasan melalui uji-t diperoleh bahwa ??????? = 4,05 dan ?????? = 1,67022. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa ??????? > ??????. Hal ini berarti bahwa keputusan ujinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ujungbatu Tahun Pelajaran 2021/2022.Downloads
Published
2022-10-15
How to Cite
Asfara, . F. ., Fitri, H. ., Rusdi, . R., & Aniswita, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Concrete – Pictorial – Abstract (CPA) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ujungbatu Provinsi Riau . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5567–5573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7558
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fiola Asfara, Haida Fitri, Rusdi Aniswita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).