Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10763Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 175 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 orang siswa diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes soal hasil belajar matematika siswa. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi sederhana untuk keaktifan belajar adalah Y = -48,175 + 1,362 X dengan korelasi 0,6215 dan koefisien determinan sebesar 38,262%. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai = 5,141 dan = 2,018, karena > maka ditolak. Dan dari perhitungan Software SPSS diperoleh nilai sig = 0,00 dan nilai = 0,05 yang mana nilai sig < maka ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur Tahun Pelajaran 2021/2022. (Calibri 11, reguler, spasi 1, spacing before 6 pt, after 6 pt)Downloads
Published
2022-12-28
How to Cite
Rahmat, T. ., & Fitri, H. . (2022). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13261–13264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10763
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Taufik Rahmat, Haida Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).