Hubungan Self Concept dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTsN 8 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9436Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran dan menjadi modal utama dalam menyelesaikan pembelajaran matematika. Self concept merupakan salah satu faktor intern dan juga suatu fondasi sangat penting untuk keberhasilan seseorang. Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa cenderung diduga ada hubungan dengan self concept siswa. Hal ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara di MTsN 8 Agam tahun pelajaran 2021/2022. Tujuannya untuk mengetahui hubungan self concept dengan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsN 8 Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 8 Agam yang berjumlah 93 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling diperoleh sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner self concept dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk menguji kesignifikanan hubungan self concept dengan kemampuan pemahaman konsep matematika. Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan signifikan antara self concept dengan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsN 8 Agam tahun pelajaran 2021/2022.Downloads
Published
2022-12-12
How to Cite
Aulia, L., Aniswita, A., Isnaniah, I., & Risnawita, R. (2022). Hubungan Self Concept dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTsN 8 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10633–10638. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9436
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Laura Aulia, Aniswita Aniswita, Isnaniah Isnaniah, Risnawita Risnawita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).