Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII

Authors

  • Novita Sari IAIN Bukittinggi
  • Novita Sari IAIN Bukittinggi
  • Haida Fitri IAIN Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9606

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan sifat penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 307 siswa di SMP Negeri 1 Banuhampu. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel 30 siswa. Instrument penelitian menggunakan angket disposisi matematis dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data digunakan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai  lebih besar dari  atau 22,049 > 1,697 ini berarti terdapat hubungan signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan dapat diketahui bahwa siswa kurang menunjukkan kegigihan dalam menghadapi permasalahan, kurang menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi, siswa terbiasa dengan soal-soal serupa dengan contoh, kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, kesulitan memodelkan soal cerita ke dalam model matematika.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Sari, N. ., Sari, N. ., & Fitri, H. . (2022). Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7881–7886. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9606

Most read articles by the same author(s)