Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA SDN 10 Sapiran Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11627Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang mengeluhkan pelajaran matematika itu sulit sehingga mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Hal ini disebabkan minat belajar siswa yang masih rendah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif-korelatif, yang dilaksanakan di SDN 10 Sapiran. Penelitian ini dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode angket untuk mencari data minat belajar (X) dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa (Y), yang mana tes tersebut berbentuk latihan soal pada materi kecepatan dan debit. Penelitian ini diikuti oleh 24 siswa kelas VA SDN 10 Sapiran sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis linear sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh hasil regresi sederhana dengan persamaannya dengan tingkat kesalahan dalam memprediksi sebesar serta nilai t-hitung dengan signifikansi sebesar yang berarti lebih kecil dari . Nilai koefisien korelasi sederhana sebesar dan nilai r product moment diperoleh , dan nilai R Square (koefisien determinasi) . Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas hanya mampu mendeskripsikan variabel terikat sebesar sedangkan sisanya yaitu dideskripsikan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara minat belajar (variabel bebas) dengan hasil belajar matematika siswa (variabel terikat).Downloads
Published
2023-01-16
How to Cite
Wirtaria, R. ., Aniswita, A., & Elmita, E. (2023). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA SDN 10 Sapiran Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3865–3871. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11627
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rozi Wirtaria, Aniswita, Elmita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).