Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Quiz Team Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17243Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan model quiz team lebih baik daripada mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII SMP N 3 Tigo Nagari tahun pelajaran 2021/2022, dengan pemilihan sampel dilakukan secara acak. Kelas VIII.B menjadi kelompok eksperimen, sedangkan kelas VIII.C menjadi kelompok kontrol. Data keaktifan siswa diperoleh dari angket keaktifan dan hasil belajar diperoleh melalui tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Quiz Team mencapai 68,78%, dalam kategori aktif. Dan hasil belajar matematika siswa diolah menggunakan uji-t menghasilkan thitung= 4,837 dan ttabel = 1,68, karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf nyata ? = 0,05 dan Analisis menggunakan perangkat lunak SPSS26 juga menunjukkan nilai Sig= 0,000, yang menunjukkan bahwa sig ? ? dengan ? = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Quiz Team lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP N 3 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Model Quiz TeamDownloads
Published
2023-07-31
How to Cite
Herlina, L. ., Aniswita, A., Risnawita, R., & Rahmat, . T. . (2023). Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Quiz Team Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 109–117. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17243
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Lili Herlina, Aniswita Aniswita, Risnawita Risnawita, Tasnim Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).