The Effect of Cloze Dictation in the Development of Listening Comprehension at the Eleventh Grade Students of SMA HKBP 2 Tarutung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7348Abstract
Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh teknik cloze dictation terhadap perkembangan listening compherension pada siswa kelas XI SMA HKBP 2 Tarutung. Penelitian ini dilakukan dengan desain kuantitatif. Kelas eksperimen diajar menggunakan teknik pengajaran cloze dictation, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan teknik cloze dictation. Instrumen pengumpulan datanya adalah tes menyimak. Penulis mengambil 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Tes yang digunakan adalah pre-test dan post-test untuk kedua kelas. Rata-rata nilai pre-test dalam menggunakan teknik pengajaran cloze dictation adalah 55 dan pre-test dalam pembelajaran konvensional adalah 41. Rata-rata skor post-test dalam menggunakan teknik cloze dictation adalah 84 dan post-test dalam pembelajaran konvensional adalah 45. data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung (3,24) lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi (?) 0,05 dengan derajat kebebasan (df) 38. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik pengajaran cloze dictation pada siswa dalam pemahaman mendengarkan. Jadi, hipotesis nol (Ho) ditolak dan alternatifnya hy.Downloads
Published
2022-10-09
How to Cite
siregar, R. ., Sitorus, C. R. N. ., Manurung, L. W. ., & Zalukhu, A. . (2022). The Effect of Cloze Dictation in the Development of Listening Comprehension at the Eleventh Grade Students of SMA HKBP 2 Tarutung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4625–4633. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7348
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Atalisi Zalukhu, R.imalona siregar, Christina Ria Natal Sitorus, Lastri Wahyuni Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).