The Effect of Cloze Dictation in the Development of Listening Comprehension at the Eleventh Grade Students of SMA HKBP 2 Tarutung

Authors

  • R.imalona siregar English Department, Universitas HKBP Nommensen
  • Christina Ria Natal Sitorus English Department, Universitas HKBP Nommensen
  • Lastri Wahyuni Manurung English Department, Universitas HKBP Nommensen
  • Atalisi Zalukhu English Department, Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7348

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh teknik cloze dictation terhadap perkembangan listening compherension pada siswa kelas XI SMA HKBP 2 Tarutung. Penelitian ini dilakukan dengan desain kuantitatif. Kelas eksperimen diajar menggunakan teknik pengajaran cloze dictation, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan teknik cloze dictation. Instrumen pengumpulan datanya adalah tes menyimak. Penulis mengambil 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Tes yang digunakan adalah pre-test dan post-test untuk kedua kelas. Rata-rata nilai pre-test dalam menggunakan teknik pengajaran cloze dictation adalah 55 dan pre-test dalam pembelajaran konvensional adalah 41. Rata-rata skor post-test dalam menggunakan teknik cloze dictation adalah 84 dan post-test dalam pembelajaran konvensional adalah 45. data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung (3,24) lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi (?) 0,05 dengan derajat kebebasan (df) 38. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik pengajaran cloze dictation pada siswa dalam pemahaman mendengarkan. Jadi, hipotesis nol (Ho) ditolak dan alternatifnya hy.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

siregar, R. ., Sitorus, C. R. N. ., Manurung, L. W. ., & Zalukhu, A. . (2022). The Effect of Cloze Dictation in the Development of Listening Comprehension at the Eleventh Grade Students of SMA HKBP 2 Tarutung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4625–4633. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7348

Most read articles by the same author(s)