Improving Students’ Reading Comprehension Through (RAP) Read, Ask, And Put Strategy
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7180Abstract
Pemahaman membaca adalah pemahaman kata-kata tertulis, pemahaman isi yang dibaca, dan konstruksi makna tekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman membaca siswa dapat ditingkatkan atau tidak setelah diajarkan strategi read, ask, and put (RAP). Desain penelitian untuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber kualitatif dan kuantitatif. Lembar observasi, dokumentasi, dan lembar angket digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari pre-test, siklus I, dan siklus II adalah tes pemahaman bacaan. Total nilai siswa pada setiap tes adalah sebagai berikut: pada pre-test 1475, pada post-test siklus I 1,720, dan pada post-test siklus II 2.010. Berdasarkan nilai siswa dalam setiap tes, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa dalam setiap siklus meningkat dari 59%, 68,8%, menjadi 80,4%. Setelah menggunakan strategi RAP dalam pengajaran pemahaman membaca, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa dalam post-test II diatas KKM. Artinya penerapan strategi RAP memang dapat membantu mengatasi masalah dan meningkatkan nilai pemahaman membaca siswa.Downloads
Published
2022-10-05
How to Cite
Zalukhu, A. ., Silitonga, H. ., Manurung, L. W. ., Hia, M. G. ., & Nainggolan, D. C. A. . (2022). Improving Students’ Reading Comprehension Through (RAP) Read, Ask, And Put Strategy. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4080–4084. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7180
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Atalisi Zalukhu Zalukhu, Harpen Silitonga, Lastri Wahyuni Manurung, Mitra Gusmeni Hia, Citra Ayu Nainggolan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).