Improving Students’ Reading Comprehension Through (RAP) Read, Ask, And Put Strategy

Authors

  • Atalisi Zalukhu Universitas HKBP Nommensen
  • Harpen Silitonga English Department, Universitas HKBP Nommensen
  • Lastri Wahyuni Manurung English Department, Universitas HKBP Nommensen
  • Mitra Gusmeni Hia English Department, Universitas HKBP
  • Debora Citra Ayu Nainggolan English Department, Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7180

Abstract

Pemahaman membaca adalah pemahaman kata-kata tertulis, pemahaman isi yang dibaca, dan konstruksi makna tekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman membaca siswa dapat ditingkatkan atau tidak setelah diajarkan strategi read, ask, and put (RAP). Desain penelitian untuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber kualitatif dan kuantitatif. Lembar observasi, dokumentasi, dan lembar angket digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari pre-test, siklus I, dan siklus II adalah tes pemahaman bacaan. Total nilai siswa pada setiap tes adalah sebagai berikut: pada pre-test 1475, pada post-test siklus I 1,720, dan pada post-test siklus II 2.010. Berdasarkan nilai siswa dalam setiap tes, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa dalam setiap siklus meningkat dari 59%, 68,8%, menjadi 80,4%. Setelah menggunakan strategi RAP dalam pengajaran pemahaman membaca, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa dalam post-test II diatas KKM. Artinya penerapan strategi RAP memang dapat membantu mengatasi masalah dan meningkatkan nilai pemahaman membaca siswa.

Downloads

Published

2022-10-05

How to Cite

Zalukhu, A. ., Silitonga, H. ., Manurung, L. W. ., Hia, M. G. ., & Nainggolan, D. C. A. . (2022). Improving Students’ Reading Comprehension Through (RAP) Read, Ask, And Put Strategy. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4080–4084. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7180

Most read articles by the same author(s)