The Effect Of Using Wordscapes Application On Students’ Vocabulary Mastery At The Eighth Grade Of SMP GKPI Padang Bulan

Authors

  • Gilbert Mathew Situmeang Nommensen HKBP University Medan
  • Lastri Wahyuni Manurung Nommensen HKBP University Medan
  • Bertharia Sohnata Hutauruk Nommensen HKBP University Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6702

Abstract

Di kelas delapan SMP GKPI Padang Bulan, penelitian ini mengkaji dampak penggunaan aplikasi wordscapes terhadap penguasaan kosakata siswa. Siswa kelas delapan di SMP GKPI Padang Bulan di Medan, Sumatera Utara, menyelesaikan desain penelitian kuantitatif eksperimental asli untuk penelitian ini. Kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan yang berjumlah 50 siswa dan dipilih 40 orang sebagai sampel merupakan populasi penelitian. Sampel dibagi menjadi dua kelompok—kelompok eksperimen dan kelompok kontrol—yang masing-masing menerima instruksi menggunakan pendekatan yang berbeda. Informasi untuk penelitian ini dikumpulkan dari tes kosakata yang terdiri dari lima pertanyaan isian-kosong dan kata-scaping (15 pertanyaan). Untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, tes diberikan sebelum dan sesudah. Menurut temuan penelitian, skor rata-rata pre-test kelompok eksperimen adalah 59,75 dan skor rata-rata post-test mereka adalah 76,75. Nilai rata-rata kelompok kontrol pada pre-test dan post-test masing-masing adalah 58,5 dan 69,25. Karena thitung > ttabel = 1,781 > 1,686 (5%), Ho ditolak dan Ha diterima sebagai pengujian hipotesis.

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Situmeang, G. M. ., Manurung, L. W. ., & Hutauruk, B. S. . (2022). The Effect Of Using Wordscapes Application On Students’ Vocabulary Mastery At The Eighth Grade Of SMP GKPI Padang Bulan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 859–865. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6702

Most read articles by the same author(s)