The Effect Of Using Wordscapes Application On Students’ Vocabulary Mastery At The Eighth Grade Of SMP GKPI Padang Bulan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6702Abstract
Di kelas delapan SMP GKPI Padang Bulan, penelitian ini mengkaji dampak penggunaan aplikasi wordscapes terhadap penguasaan kosakata siswa. Siswa kelas delapan di SMP GKPI Padang Bulan di Medan, Sumatera Utara, menyelesaikan desain penelitian kuantitatif eksperimental asli untuk penelitian ini. Kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan yang berjumlah 50 siswa dan dipilih 40 orang sebagai sampel merupakan populasi penelitian. Sampel dibagi menjadi dua kelompok—kelompok eksperimen dan kelompok kontrol—yang masing-masing menerima instruksi menggunakan pendekatan yang berbeda. Informasi untuk penelitian ini dikumpulkan dari tes kosakata yang terdiri dari lima pertanyaan isian-kosong dan kata-scaping (15 pertanyaan). Untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, tes diberikan sebelum dan sesudah. Menurut temuan penelitian, skor rata-rata pre-test kelompok eksperimen adalah 59,75 dan skor rata-rata post-test mereka adalah 76,75. Nilai rata-rata kelompok kontrol pada pre-test dan post-test masing-masing adalah 58,5 dan 69,25. Karena thitung > ttabel = 1,781 > 1,686 (5%), Ho ditolak dan Ha diterima sebagai pengujian hipotesis.Downloads
Published
2022-09-09
How to Cite
Situmeang, G. M. ., Manurung, L. W. ., & Hutauruk, B. S. . (2022). The Effect Of Using Wordscapes Application On Students’ Vocabulary Mastery At The Eighth Grade Of SMP GKPI Padang Bulan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 859–865. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6702
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gilbert Mathew Situmeang, Lastri Wahyuni Manurung, Bertharia Sohnata Hutauruk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).